KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Reza Rachmadtullah Universitas Terbuka Jakarta
Keywords: Critical thinking, self-concept, civic education, learning outcomes

Abstract

The aim of the research is to determine the relationship between critical thinking, self-concept and Civic Education learning outcomes of Grade 5 students in the State Elementary School 01 Mempawah, Mempawah District of West Borneo province, the amount of students are 30 students. The technique used to analyze the data is the statistical technique of regression and correlation. The research result showed that there was a positive correlation between (1) Critical thinking and learning outcomes Civic Education (2) Self-Concept and Civic Education learning outcomes (3) critical thinking, self-concept and learning outcomes of Civic Education. It can be concluded there is relationship between critical thinking, self-concept and Civic Education learning outcomes.

 

Keyword: Critical thinking, self-concept, civic education, learning outcomes.

 

Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dan konsep diri dengan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Mempawah Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat, dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang siswa. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik statistik regresi dan korelasi Hasil penelitian menunjukan bahwa ada korelasi positif antara (1) Berpikir kritis dengan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (2) Konsep Diri dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (3) berpikir kritis dan konsep diri dengan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Berarti hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara berpikir kritis dan konsep diri dengan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan.

 

Kata kunci: Kemampuan berfikir kritis, Konsep Diri dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan.

Author Biography

Reza Rachmadtullah, Universitas Terbuka Jakarta

 

Published
2015-12-30
How to Cite
Rachmadtullah, R. (2015). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287 - 298. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/493