UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MELALUI GOOGLE CLASSROOM SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMKN 14 JAKARTA

  • Nabilla Nabilla Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa dengan melakukan penerapan sistem Blended Learning dan Google Classroom di Program Studi Menajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis SMKN 14 Jakarta. Metode pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Subjek pada penelitianini adalah 35 siswa pada mata pelajaran kearsipan dan objek penelitian berlansung pada saat penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adAlah deskriptif kuantitatif dengan mengacu paad persentase sebagai mengukur tingkat motivasi dan melalui evaluasi setiap pertemuan untuk mengukur hasil belajar. Hasil penelitian ini pada siklius I di dapatkan rata-rata  motivasi belajar 69% dan hasil belajar dengan rata-rata kelas 80,8.  Tentunya keadaaan pada siklus I mengalami peningkatan 29% untuk motivasi belajar dan 7,8 poin untuk rata-rata kelas hasil belajar. Pada siklus ke- II mengalami peningkatan 28% dari siklus sebelumnya dengan rata-rata  persentase motivasi belajar 97% dan untuk hasil belajar mengalamin peningkatan 4,8 poin untuk rata-rata kelas yaitu sebesar 85.

Published
2023-03-16
How to Cite
Nabilla, N. (2023). UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MELALUI GOOGLE CLASSROOM SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMKN 14 JAKARTA. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran, Dan Akuntansi, 4(1), 315-337. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpepa/article/view/31572