Pengembangan Bahan Ajar Online (Learning Object) pada Matakuliah Landasan Teknologi Pendidikan

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPI.021.07

Keywords:

Bahan Ajar, Learning Object, Landasan Teknologi Pendidikan, Pengembangan

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan bahan ajar yang bersifat non-cetak yang dimasukkan kedalam http://fip.unj.ac.id/hylearn/. Sasaran pengguna  bahan ajar online ini ialah mahasiswa semester baru di TP UNJ. Penelitian  pengembangan  ini  dilakukan berdasarkan  model  Rapid Prototyping yang   memiliki lima tahapan yaitu tahap assess needs and analyze content (penilaian kebutuhan dan analisis konten), set objectives (menetapkan tujuan pembelajaran), constructing a prototype (mengembangkan prototype), utilizing the prototype (memanfaatkan prototipe (research/penelitian), dan installing the final system (memasang sistem). Dalam Evaluas itersebut  melibatkan  1  orang  ahli  materi,  1  orang  ahli  media,  dan 22 orang  pengguna. Nilai  rata-rata  yang diperoleh  dari  tahap expert review oleh  ahli  materi ialah  3,36 dan menunjukkan  kategori baik.  Nilai  rata-rata  yang  diperoleh  dari  tahap expert review oleh  ahli desain pembelajaran ialah  3,4. Nilai  rata-rata  yang  diperoleh  dari  tahap expert review oleh  ahli media ialah  3,4  dan menunjukkan  kategori  baik. Pada  tahap penggunaan face-to-face diperoleh  nilai  rata-rata 3,05 yang  menandakan  secara  keseluruhan panduan   ini cukup baik. Sedangkan secara small group diperoleh nilai rata rata 3,10 yang menandaakan penggunaan bahan ajar online tersebut dinilai baik.

Downloads

Published

2019-03-01

How to Cite

Fauzan, A. N., Siregar, E., & Imbar, K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Online (Learning Object) pada Matakuliah Landasan Teknologi Pendidikan. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 2(1), 46–54. https://doi.org/10.21009/JPI.021.07

Most read articles by the same author(s)