Need analysis Analisis Kebutuhan untuk Peningkatan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru di Program Sekolah Universal Service Obligation

Analisis Kebutuhan

Authors

  • Kevin Al Giffary -
  • eveline siregar Universitas Negeri Jakarta
  • erry utomo Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPI.041.04

Keywords:

Need analysis; 3 Phase Needs Assessment; Instructional and Non Instructional Intervention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari kesenjangan apa saja yang muncul sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru di wilayah 3T. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 3 Fase Needs Assessment oleh Witkin dan Altschuld. Model ini terdiri dari 3 fase utama yakni Pre-assessment, Assessment dan Post-assessment. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini adalah 1 orang staff bidang SDM Pendidikan Pustekkom Kemendikbud, 26 orang guru, 1 orang validator dan 1 orang ahli materi. Hasil dari penelitian ini yaitu kesemua aspek yang berjumlah tiga belas dinyatakan terdapat kesenjangan, sehingga membutuhkan tindak lanjut agar dapat meningkatkan kinerja guru di wilayah 3T. Rekomendasi solusi yang diberikan berupa intervensi instruksional dan non instruksional. Pada intervensi instruksional terdiri dari pelatihan, Focus Group Discussion serta workshop. Pada intervensi non instruksional terdiri dari mentoring, coaching, sharing session, sosialisasi serta branding awareness

Downloads

Published

2021-02-01

How to Cite

Al Giffary, K. ., siregar, eveline, & utomo, erry. (2021). Need analysis Analisis Kebutuhan untuk Peningkatan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru di Program Sekolah Universal Service Obligation: Analisis Kebutuhan. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(1), 30–34. https://doi.org/10.21009/JPI.041.04