Pengembangan E-Portfolio di Program Studi S1 Teknologi Pendidikan UNJ

Authors

  • Tri Febriani Pamungkas Universitas Negeri Jakarta
  • Erry Utomo Universitas Negeri Jakarta
  • Kunto Imbar Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPI.062.08

Keywords:

Pengembangan, e-portfolio, ADDIE Model, Design Thinking, Scrum Framework, Teknologi Pendidikan, Artefak

Abstract

Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah website e-portfolio untuk mahasiswa program studi S1 Teknologi Pendidikan. Model pengembangan menggunakan Scrum framework dengan mengkombinasikan model ADDIE dan Design Thinking. Rangkaian pengembangannya sebagai berikut pada kegiatan ke-1 dilakukannya Analyse-Empathise-Define hingga menghasilkan sekumpulan data kemudian didefinisikan dengan tujuan membuat informasi lebih mudah dicerna dan dapat menyederhanakan ide atau tindakan yang kompleks. Rangkaian kegiatan ke-2 Design-Develop-Define-Ideate-Prototype-Scrum adapun artefak yang diperoleh pada kegiatan ini ialah, flowchart, wireframing, product backlog, sprint backlog, dan product itu sendiri. Rangkaian kegiatan ke-3 yakni Implementation-Evaluate-Prototype-Develop-Test untuk melihat kelayakan produk, membuat produk yang relevan dan mudah digunakan oleh pengguna akhir yaitu mahasiswa. Dalam evaluasi produk ini melibatkan 2 ahli media untuk melakukan review dan penilaian terkait produk yang dikembangkan juga melibatkan mahasiswa. Kegiatan uji coba pada pengguna dibagi menjadi 2 yaitu One to One evaluation dan Small Group. Hasil evaluasi yang telah dilakukan membuktikan bahwa website e-portfolio mendapat nilai “Sangat Baik” untuk diimplementasikan pada program studi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.

 

Abstract

This development research produces an e-portfolio website for students of the Bachelor's Degree in Educational Technology. The development model uses the Scrum framework by combining the ADDIE and Design Thinking models. The series of development is as follows in the 1st activity Analyse-Empathize-Define to produce a set of data then defined with the aim of making information easier to digest and can simplify complex ideas or actions. The 2nd set of activities Design-Develop-Define-Ideate-Prototype-Scrum as for the artifacts obtained in this activity are, flowchart, wireframing, product backlog, sprint backlog, and the product itself. The 3rd set of activities is Implementation-Evaluate-Prototype-Develop-Test to see the feasibility of the product, making the product relevant and easy to use by end users, namely students. In this product evaluation, it involves 2 media experts to conduct reviews and assessments related to the products developed and also involves students. User testing activities are divided into 2 namely One to One evaluation and Small Group. The results of the evaluation that have been carried out prove that the e-portfolio website is rated “Extremely good" to be implemented in the Bachelor's Degree in Educational Technology at State University of Jakarta.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Febriani Pamungkas, T., Utomo, E., & Imbar Nursetyo, K. . (2023). Pengembangan E-Portfolio di Program Studi S1 Teknologi Pendidikan UNJ. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 6(2), 51–60. https://doi.org/10.21009/JPI.062.08