Pengembangan Media E-Comic Profil Berkebinekaan Global Untuk Mata Pelajaran PPKN Fase C Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.21009/JPI.071.03Keywords:
Pengembangan, E-Comic, Profil Pelajar Pancasila, Berkebinekaan Global, Pendidikan Pancasila, Sekolah DasarAbstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media berupa e-comic yang dapat dimanfaatkan untuk bahan belajar peserta didik SD sebagai upaya penguatan karakter profil berkebinekaan global. Model interactive multimedia (IMM) oleh Rob Phillips terdiri dari empat tahapan yaitu design, development, evaluation, dan implementation. Evaluasi produk melibatkan satu ahli materi dan satu ahli media dengan hasil layak digunakan. Implementasi dilakukan dengan skala sikap awal dan skala sikap akhir oleh 26 peserta didik kelas V sekolah dasar. Hasil skala sikap awal adalah 42,62 dan skala sikap akhir 48 dari skor maksimal 50. Peningkatan hasil skala sikap kebinekaan global didapatkan dari hasil uji normalitas gain (n-gain) dengan hasil 0,744 kategori tinggi atau sebesar 74,4% pada kategori cukup efektif. Berdasarkan proses dan prosedur pengembangan yang telah dilakukan, dapat dinyatakan bahwa media e-comic profil berkebinekaan global memiliki kualitas yang baik (layak) dan cukup efektif untuk digunakan sebagai penunjang dalam penguatan nilai karakter sikap kebinekaan global.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pembelajaran Inovatif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPI provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA).