Pengembangan Media E-Comic Profil Berkebinekaan Global Untuk Mata Pelajaran PPKN Fase C Sekolah Dasar

Authors

  • Nalita Oktaviana Nalita Universitas Negeri Jakarta
  • suprayekti suprayekti Universitas Negeri Jakarta
  • Erry Utomo Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPI.071.03

Keywords:

Pengembangan, E-Comic, Profil Pelajar Pancasila, Berkebinekaan Global, Pendidikan Pancasila, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media berupa e-comic yang dapat dimanfaatkan untuk bahan belajar peserta didik SD sebagai upaya penguatan karakter profil berkebinekaan global. Model interactive multimedia (IMM) oleh Rob Phillips terdiri dari empat tahapan yaitu design, development, evaluation, dan implementation. Evaluasi produk melibatkan satu ahli materi dan satu ahli media dengan hasil layak digunakan. Implementasi dilakukan dengan skala sikap awal dan skala sikap akhir oleh 26 peserta didik kelas V sekolah dasar. Hasil skala sikap awal adalah 42,62 dan skala sikap akhir 48 dari skor maksimal 50. Peningkatan hasil skala sikap kebinekaan global didapatkan dari hasil uji normalitas gain (n-gain) dengan hasil 0,744 kategori tinggi atau sebesar 74,4% pada kategori cukup efektif. Berdasarkan proses dan prosedur pengembangan yang telah dilakukan, dapat dinyatakan bahwa media e-comic profil berkebinekaan global memiliki kualitas yang baik (layak) dan cukup efektif untuk digunakan sebagai penunjang dalam penguatan nilai karakter sikap kebinekaan global.

Downloads

Published

2024-03-01

How to Cite

Nalita, N. O., suprayekti, suprayekti, & Utomo, E. (2024). Pengembangan Media E-Comic Profil Berkebinekaan Global Untuk Mata Pelajaran PPKN Fase C Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 7(1), 22–35. https://doi.org/10.21009/JPI.071.03

Most read articles by the same author(s)

> >>