Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Asking and Offering Help

di SMAN 62 Jakarta

Authors

  • Asfara Zianadezdha Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta
  • suprayekti suprayekti Universitas Negeri Jakarta
  • Retno Widyaningrum Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPI.071.09

Keywords:

Asking and Offering Help, Bahasa Inggris, Model Pengembangan 4D, Sekolah Menengah Atas

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran berupa video pembelajaran interaktif Asking and Offering Help untuk peserta didik kelas X di SMA Negeri 62 Jakarta dalam rangka memfasilitasi pembelajaran bahasa Inggris di dalam kelas. Pengembangan video pembelajaran didasarkan pada analisis kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Video pembelajaran interaktif merupakan media pembelajaran yang baru dibandingkan dengan media pembelajaran yang sebelumnya digunakan, yaitu media presentasi. Proses pengembangan video pembelajaran interaktif ini menerapkan model pengembangan 4D. Model pengembangan 4D terdiri atas empat tahapan utama, yaitu tahap pendefinisian, tahap desain, tahap pengembangan, dan tahap penyebarluasan. Penelitian pengembangan ini menghasilkan video pembelajaran interaktif yang dapat diakses melalui tautan dan dimuat pada poster. Dalam proses pengembangannya, video pembelajaran interaktif ini telah  melalui penilaian ahli media pembelajaran dan ahli materi pelajaran. Dan sudah melalui serangkaian uji coba pengguna, yaitu uji coba one to one, small group, dan field test. Melalui serangkaian proses ini, maka video pembelajaran interaktif adalah media yang dapat digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran Asking and Offering Help.

Downloads

Published

2024-03-01

How to Cite

Zianadezdha, A., suprayekti, suprayekti, & Widyaningrum, R. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Asking and Offering Help: di SMAN 62 Jakarta. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 7(1), 79–86. https://doi.org/10.21009/JPI.071.09

Most read articles by the same author(s)

> >>