Pengembangan Video Interaktif “Materi Cedera” Pertolongan Pertama di PMR SMAN 5 Jakarta

Authors

  • Cahyani Puspitarini Ngazis Universitas Negeri Jakarta
  • Retno Widyaningrum Universitas Negeri Jakarta
  • Kunto Imbar Nursetyo Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPI.072.01

Keywords:

Cedera, Model Hannafin and Peck, Pengembangan, Pertolongan Pertama, Video Interaktif

Abstract

Penelitian pengembangan ini menghasilkan video interaktif “Cedera” untuk anggota palang merah remaja SMAN 5 Jakarta. Model pengembangan menggunakan Hannafin & Peck terdiri tiga tahap yaitu analisis kebutuhan, desain, pengembangan dan implementasi serta evaluasi dan revisi di setiap tahapnya. Hasil pengembangan ini adalah 1 video pengantar dan 4 video interaktif ”Cedera”. Evaluasi formatif yang dilakukan yaitu review oleh 3 ahli dan pengguna. Hasil uji kelayakan produk diperoleh skor 3,80 dari ahli materi, skor 4,00 dari ahli pembelajaran, dan skor 3,80 dari ahli media. Dari ketiga perolehan skor termasuk kategori sangat baik. Selain itu, dilakukan uji coba one-to-one melibatkan 3 anggota dan uji coba Small group dengan melibatkan 9 mahasiswa yang terbagi menjadi 3 kelompok mendapat skor 3,84 kategori sangat baik. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa video interaktif “cedera” yang dihasilkan sudah dapat digunakan.

Downloads

Published

2024-11-01

How to Cite

Puspitarini Ngazis, C., Widyaningrum, R., & Nursetyo, K. I. (2024). Pengembangan Video Interaktif “Materi Cedera” Pertolongan Pertama di PMR SMAN 5 Jakarta . Jurnal Pembelajaran Inovatif, 7(2), 01–07. https://doi.org/10.21009/JPI.072.01

Most read articles by the same author(s)

> >>