Analisis Kebutuhan Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bidang Keahlian Perhotelan di PPPPTK Bisnis dan Pariwisata

Authors

  • Nurhasti Andriani Universitas Negeri Jakarta
  • Uwes A. Chaeruman Universitas Negeri Jakarta
  • Mulyadi Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPI.022.09

Keywords:

Analisis kebutuhan pelatihan, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Pelatihan guru, Barbazette

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh guru SMK bidang keahlian Perhotelan pada Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan PPPPTK Bisnis dan Pariwisata unit kompetensi Memantau Kegiatan Kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan studi dokumen, menyebarkan kuesioner dan melakukan wawancara. Tahapan analisis kebutuhan pelatihan menggunakan model Barbazette (2006) yang dilaksanakan dengan mengumpulkan informasi, menganalisis informasi dan membuat rencana pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan yaitu memonitor dan meningkatkan operasi/kegiatan di tempat kerja, merencanakan dan menyusun alur kerja, menjaga catatan tempat kerja serta memecahkan masalah dan membuat keputusan. Solusi yang disarankan yaitu adanya rencana tindak lanjut untuk kegiatan belajar mandiri (On the Job Learning) dan hasil analisis kebutuhan pelatihan untuk pelatihan moda tatap muka (In Service Learning).

Downloads

Published

2019-09-01

How to Cite

Andriani, N., Uwes Anis Chaeruman, & Mulyadi. (2019). Analisis Kebutuhan Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bidang Keahlian Perhotelan di PPPPTK Bisnis dan Pariwisata. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 2(2), 150–161. https://doi.org/10.21009/JPI.022.09

Most read articles by the same author(s)