Evaluasi kinerja guru pembimbing pada program Prakerin keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Taman Harapan Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.21009/JPI.031.08Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja guru pembimbing pada program Prakerin keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Taman Harapan Bekasi pada tiap tahap yang yang mengacu pada pedoman dasar PKL dari Kementerian Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan antara lain: (1) merencanakan pelaksanaan prakerin; (2) mengadakan koordinasi pelaksanaan prakerin; (3) memantau dan merespon peserta didik selama pelaksanaan prakerin; (4) melayani konsultasi permasalahan di perusahaan selama prakerin; dan (5) melayani konsultasi peserta didik dalam pembuatan laporan. Model evaluasi yang digunakan adalah 360 Degree Perfomance Appraisal Models. Metode evaluasi yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik survei. Model evaluasi kinerja ini melibatkan beberapa pihak untuk menilai guru pembimbing, diantaranya: atasan (Kepala Sekolah), bawahan (Siswa), rekan kerja (Kepala Hubin), guru pembimbing itu sendiri dan pelanggan (pamong). Pengumpulan data penelitian ini melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap perencanaan pada indikator merencanakan pelaksanaan prakerin mendapat respon negatif (33,3%), mengadakan koordinasi pelaksanaan prakerin mendapat respon positif (66,7%). Pada tahap pelaksanaan pada indikator memantau dan merespon peserta didik mendapat respon positif (66,7%), melayani konsultasi permasalahan di perusahaan selama prakerin mendapat respon negatif (33,3) dan tahap pasca pelaksanaan pada indikator melayani konsultasi peserta didik dalam pembuatan laporan mendapat respon positif (83,3%)
Kata Kunci : Evaluasi Kinerja, 360 derajat, Guru Pembimbing Prakerin
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JPI provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA).