Model Pembelajaran Magang Kognitif dan Gender Terhadap Hasil Karya Lukis

Authors

  • Zaitun Y.A Kherid UNJ

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPI.031.09

Keywords:

Model pembelajaran, Magang Kognitif, Gender, Karya Lukis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh magang kognitif terhadap penciptaan hasil karya lukis mahasiswa dalam mata kuliah Seminar Penciptaan Tugas Akhir (SPTA). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Metodologi penelitian yang digunakan menggunakan metode kuasi eksperimen (quasi experiment) desain faktorial 2x2. Magang terdiri magang tradisional dan magang kognitif. Dalam prosedur magang tradisional pemagang melakukan segala sesuatu berdasarkan prosedur dan aturan main yang berlaku di tempat magang dan menciptakan karya berdasarkan arahan dari narasumber, sedangkan prosedur dalam magang kognitif lebih menitikberatkan pada membangun proses berpikir pemagang di dalam memahami, menciptakan dan mengatasi persoalan berpikir dalam proses penciptaan karya. Penelitian ini mengungkapkan bahwa model magang dan jenis kelamin secara signifikan mempengaruhi varian hasil karya lukis dan terdapat interaksi antara model magang dengan jenis kelamin yang berperan bagi varian hasil karya lukis pada kuliah Seminar Penciptaan Tugas Akhir (SPTA).

Downloads

Published

2020-03-06

How to Cite

Kherid, Z. Y. (2020). Model Pembelajaran Magang Kognitif dan Gender Terhadap Hasil Karya Lukis. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 3(1), 131–138. https://doi.org/10.21009/JPI.031.09