Pengembangan Media Pembelajaran Content Wheel di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Media Pembelajaran Content Wheel

  • Ratu FAqihSeruni ALam Teknologi Pendidikan
  • Imbar Kunto Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Media pembelajaran, Borg n Gall, Content Wheel

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah mengembangkan Media Pembelajaran “Content Wheel” dengan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi dengan menjalakankan enam langkah tahapan yaitu Pengumpulan informasi, Perencanaan, Mengembangkan Produk Awal, Uji Coba Lapangan Awal,Revisi ke-1, Uji Coba Lapangan. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, dikaji oleh para ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli media dan responden yang merupakan mahasiswa aktif teknologi pendidikan. Dalam pengembangannya hal yang dilakukan pertama kali ialah mengumpulkan informasi untuk menganalisis kebutuhan. Selanjutnya merumuskan tujuan pengembangan dan membuat perencanaa, lalu membuat suatu prototype yang disesuaikan dengan hasil analisis yang telah dikumpulkan, melakukan review produk dengan para ahli, revisi produk sesuai dengan hasil masukan dari ahli. Tahapan akhir dari pengembangan ini ialah melakukan penilaian oleh mahasiswa sebagai pengguna.

Hasil pengkajian oleh ahli materi didapatkan hasil sebesar 2,85, dan hasil pengkajian dari ahli media sebesar 4,25. Dan apabila dihitung rata-rata dari hasil pengkajian tersebut didapatkan nilai sebesar 3,6 dimana kualitas dari produk yang dikembangkan ini termasuk kategori baik. Selain pengkajian dari para ahli, produk pembelajaran ini juga diujicobakan kepada mahasiswa, pada ujicoba ini didapatkan nilai rata-rata sebesar 4,14 dimana nilai dari hasil ujicoba ini merupakan kategori baik

Published
2021-02-01
How to Cite
Ratu FAqihSeruni ALam, & Kunto, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Content Wheel di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(1), 13 - 20. https://doi.org/10.21009/JPI.041.02