PENGEMBANGAN ULAR TANGGA POP UP TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Authors

  • Ananda Purnama Ramdani Mahasiswa Teknologi Pendidikan
  • Retno Widyaningrum Dosen Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta
  • Zuhdy HS Dosen Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPI.041.07

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk permainan ular tangga pop up. Permainan ini sebagai media pembelajaran yang dimanfaatkan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada tema “BendaBenda di Sekitar Kita”, dengan sub tema Benda dalam Kegiatan Ekonomi yang berfokus pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial,untuk kelas V Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengikuti prosedur model pengembangan Baker & Schutz, yakni 1) Formulasi Produk, 2) Spesifikasi Pembelajaran, 3) Uji Coba Soal, 4) Pengembangan Produk, 5) Uji Coba Produk, 6) Revisi, dan 7) Analisis Operasi. Evaluasi pada penelitian pengembangan produk ini dilakukan melalui Expert Review.Tahap Expert Review melibatkan 1 orang ahli desain pembelajaran, 1 orang ahli materi, dan 1 orang ahli media. Nilai rata-rata yang diperoleh pada tahap ini sebesar 3,50. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa permainan ular tangga pop up tema “Benda-Benda di Sekitar Kita utuk siswa kelas V Sekolah Dasar dikatakan sangat baik.

Downloads

Published

2021-02-01

How to Cite

Ramdani, A. P., Widyaningrum, R., & HS, Z. (2021). PENGEMBANGAN ULAR TANGGA POP UP TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR: TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(1), 55–61. https://doi.org/10.21009/JPI.041.07

Most read articles by the same author(s)

> >>