Pengembangan Learning Object “Interaktivitas Pembelajaran Daring” Berdasarkan The First Principles of Instruction Untuk Mata Kuliah Designing E-Learning

Authors

  • Dinda Amalia Universitas Negeri Jakarta
  • Diana Ariani Universitas Negeri Jakarta
  • Uwes Anis Chaeruman Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPI.071.04

Keywords:

Penelitian pengembangan, learning object, online learning interactivity, the first principles of instruction, integrative learning design framework

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan learning object “Interaktivitas Pembelajaran Daring” berdasarkan The First Principles of Instruction untuk mata kuliah Designing E-learning. Sasaran utama dari produk yang dikembangkan adalah mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan UNJ. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan model pengembangan Integrative Learning Design Framework (ILDF) yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu informed exploration, enactment, dan evaluation. Pengembangan ini juga melibatkan tiga ahli, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran. Selain itu, penelitian pengembangan ini telah melalui serangkaian uji coba pengguna, mulai dari uji coba one-to-one dengan 3 orang mahasiswa, uji coba small group melibatkan 9 orang mahasiswa, dan field test dengan menggunakan Skala Likert yang melibatkan 17 orang mahasiswa. Nilai rata-rata yang didapat pada tahap uji coba lapangan sebesar 4,45 dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk learning object yang dihasilkan telah mencapai tingkat kualitas yang baik dan layak digunakan untuk memfasilitasi materi Interaktivitas Pembelajaran Daring pada mata kuliah Designing E-Learning.

Downloads

Published

2024-03-01

How to Cite

Amalia, D., Ariani, D., & Anis Chaeruman, U. (2024). Pengembangan Learning Object “Interaktivitas Pembelajaran Daring” Berdasarkan The First Principles of Instruction Untuk Mata Kuliah Designing E-Learning. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 7(1), 36–43. https://doi.org/10.21009/JPI.071.04

Most read articles by the same author(s)

> >>