UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERAN DADA PERMAINAN BOLA BASKET DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Ulfanny Seftiara Universitas Negeri Jakarta
  • Hermanto Hermanto Universitas Negeri Jakarta
  • Iwan setiawan Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Meningkatkan hasil belajar, Operan dada menggunakan media, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengubah atau meningkatkan kondisi nyata yang ada sekarang ke arah yang lebih baik dan yang diharapkan. Hal ini mengandung pengertian bahwa penelitian tindakan kelas adalah salah satu bentuk penelitian refleksi diri yang dilakukan oleh partisipan untuk meningkatkan kemampuan berfikir dalam proses maupun praktek pendidikan yang dilaksanakan.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindak kelasyang akan menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa dengan harapan seluruh peserta didik sesuai dengan proses pembelajaran pendidikan jasmani. Pada penelitian ini peneliti bekerja sama dengan kolaborator yaitu guru pendidikan jasmani dan dosen ahli dalam bidang bola basket agar meyakinkan sebagai expert judgment. Dalam penulisannya memakai siklus pelaksanaan penelitian tindak kelas dengan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dan uji coba yang digunakan pada penelitian ini adalah tes awal, siklus I dan siklus II menggunakan media, dimana upaya meningkatkan hasil belajar operan dada permainan bola basket dengan menggunakan media dibuat kemudian berkonsultansi dan setelah itu dinilai oleh para ahli.

Upaya meningkatkan hasil belajar operan dada permainan bola basket dengan menggunakan media dapat dijadikan bahan referensi bagi guru dan dapat dikembangkan dalam pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas V SD. Hasil penelitian ini dapat di disimpulkan bahwa setelah melalui uji validasi dengan justifikasi ahli, menghasilkan peningkatan dalam hasil belajar pada siswa kelas V SD Islam Al Fikri Bekasi, Kranggan dengan dua siklus.

Published
2019-11-30