Model Latihan Tendangan lurus Pencak Silat Berbasis Media Belajar Siswa Ekstrakulikuler Pencak Silat SMPN 88 Jakarta

Authors

  • Fikri Fauzan UNJ
  • Johansyah Lubis
  • Wahyuningtyas Puspitorini

DOI:

https://doi.org/10.21009/jpja.v2i02.15551

Keywords:

model latihan tendangan lurus, pencak silat, media belajar

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi bahwa Pencak Silat adalah budaya asli bangsa Indonesia yang harus dilestarikan dan terus dikembangkan. Dilihat dari latihan siswa ekstrakulikuler pencak silat SMPN 88 Jakarta dimana siswa melakukan latihan dengan secara klasikal atau bersama sama dan tanpa menggunakan media tambahan, tampak terlihat siswa tidak fokus dalam melakukan latihan gerakan teknik tendangan lurus , siswa sering tidak serius dalam melakukan teknik tendangan yang tidak maksimal, sehingga bentuk tendanganpun tidak terbentuk dengan baik dan tujuan latihanpun tidak tercapai dengan baik.   peneliti membuat model latihan tendangan lurus berbasis media belajar yang bertujuan untuk mengetahui model model latihan tendangan lurus pencak silat yang efektif dengan berbasis media belajar. Model ini diciptakan dengan menggunakan beberapa media diantaranya dengan menggunakan sabuk, kursi, hoop, thoya, bola, rubber, katrol atau perpaduan dari beberapa media tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan mencari informasi dari beberapa sumber seperti pelatih terlebih dahulu untuk mengetahui masalah apa yang dihadapi pelatih dan siswa-siswi dalam melakukan teknik dasar pencak silat, maka peneliti membuat produk yang layak, kemudian divalidasi oleh 3 ahli pencak silat.  Selanjutnya, model ini diuji pada siswa ekstrakurikuler SMPN 88 Jakarta pada bulan juli dengan total 20 orang dan teknik analisis data menggunakan statistik uji-t dan validitas ahli. Hasil akhir adalah bahwa model latihan tendangan lurus pencak silat berbasis media belajar layak efektif untuk digunakan   pada siswa ekstrakurikuler Pencak silat di SMPN  88 Jakarta.

Downloads

Published

2020-07-03