UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN LONCAT TINGGI GAYA STRADDLE MENGGUNAKAN ALAT MODIFIKASI UNTUK SISWA EKSTRAKURIKULER

  • Nadia Anggraini UNJ
  • Mustara Musa
  • Yusmawati
Keywords: Lompat Tinggi; Gaya Straddle; Alat Modifikasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil lompat tinggi gaya straddle menggunakan alat modifikasi untuk siswa ekstrakulikuler SMAN 3 Jakarta Selatan. Pengumpulan data dilakukan dilapangan atletik rawamangun dan sekolah SMAN 3 Jakata Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan desain Kemmis dan Mc Taggart. Jumlah subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa SMAN 3 Jakarta Selatan. Penelitian ini terdiri dari II (dua) siklus dan setiap siklus terdiri dari sembilan kali pertemuan, setiap akhir pertemuan di lakukan tes, tes yang di gunakan adalah tes penliaian gerak lompat tinggi gaya Straddle. Hasil penelitian dari 20 orang siswa ini di peroleh hasil tes lompat tinggi gaya straddle yaitu hasil tes pra siklus yang tuntas adalah 6 orang siswa kemudian mengalami peningkatan pada sisklus I sebanyak 14 orang siswa dan terus meningkat pada silus II sebanyak 18 orang siswa. Oleh karena itu pada siklus II kriteria keberhasilan telah tercapai maka peneliti tidak perlu melakukan tindakan pada siklus selanjutnya. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa latihan dengan menggunakan alat modifikasi dapat meningkatkan hasil lompat tinggi gaya straddle pada siswa ekstrakurikuler SMAN 3 Jakarta Selatan.

Published
2020-07-08