MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI BERBASIS PERMAINAN TEMATIK PADA SISWA TUNAGRHITA RINGAN
DOI:
https://doi.org/10.21009/jpja.v3i02.15759Abstract
MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI
BERBASIS PERMAINAN TEMATIK PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN
Windi Maelani¹, Mustara², Slamet Sukriadi³
¹ Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Jakarta, Windi Maelani
windimaelani1@gmail.com, mustra_musa77@yahoo.com, slamet sukriadi@unj.ac.id
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk model pembelajaran gerak dasar lari berbasis permainan tematik pada siswa tunagrahita ringan yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Luar Biasa. Model pembelajaran tersebut diharapkan dapat membantu guru pada saat proses pembelajaran pendidikan jasmani, khususnya pada materi gerak dasar lari. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE, dalam penelitian ADDIE 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan model, pelaksanaan, evaluasi, namun pada kondisi COVID-19 ini peneliti hanya menggunakan 3 tahapan yaitu analisis, desain, dan pengembangan model. Hasil penelitian menghasilkan produk yang berupa model gerak dasar lari berbasis permainan tematik pada siswa tunagrahita ringan yang telah divalidasi dan direvisi oleh ahli atletik, ahli disabilitas, ahli pembelajaran dan ahli permainan sebanyak 19 model. Data dikumpulkan melalui kegiatan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan secar deskriptif. Hasil penelitian berupa buku model pembelajaran gerak dasar lari berbasis permainan tematik pada siswa tunagrahita ringan. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran gerak dasar lari berbasis permainan tematik pada siswa tunagrahita ringan telah dinyatakan valid dan dapat diterapkan untuk anak tunagrahita ringan oleh ahli atletik, ahli disabilitas, ahli pembelajaran.
Kata Kunci: model pembelajaran, gerak dasar lari, permainan tematik