MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI BERBASIS PERMAINAN TEMATIK PADA SISWA TUNAGRHITA RINGAN

Authors

  • windi maelani pendidikan jasmani
  • Mustara

DOI:

https://doi.org/10.21009/jpja.v3i02.15759

Abstract

MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI

BERBASIS PERMAINAN TEMATIK PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN

Windi Maelani¹, Mustara², Slamet Sukriadi³

¹ Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Jakarta, Windi Maelani

windimaelani1@gmail.com, mustra_musa77@yahoo.com, slamet sukriadi@unj.ac.id

 

 

ABSTRAK

            Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk model pembelajaran gerak dasar lari berbasis permainan tematik pada siswa tunagrahita ringan yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Luar Biasa. Model pembelajaran tersebut diharapkan dapat membantu guru pada saat proses pembelajaran pendidikan jasmani, khususnya pada materi gerak dasar lari. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE, dalam penelitian ADDIE 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan model, pelaksanaan, evaluasi, namun pada kondisi COVID-19 ini peneliti hanya menggunakan 3 tahapan yaitu analisis, desain, dan pengembangan model. Hasil penelitian menghasilkan produk yang berupa model gerak dasar lari berbasis permainan tematik pada siswa tunagrahita ringan yang telah divalidasi dan direvisi oleh ahli atletik, ahli disabilitas, ahli pembelajaran dan ahli permainan sebanyak 19 model. Data dikumpulkan melalui kegiatan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan secar deskriptif. Hasil penelitian berupa buku model pembelajaran gerak dasar lari berbasis permainan tematik pada siswa tunagrahita ringan. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran gerak dasar lari berbasis permainan tematik pada siswa tunagrahita ringan telah dinyatakan valid dan dapat diterapkan untuk anak tunagrahita ringan oleh ahli atletik, ahli disabilitas, ahli pembelajaran.

Kata Kunci: model pembelajaran, gerak dasar lari, permainan tematik

Downloads

Published

2020-11-30