MODEL PEMBELAJARAN SENAM IRAMA BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SMP

Authors

  • Kemal Abdullah Kemal Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jpja.v3i02.16271

Keywords:

Model Pembelajaran, Senam Irama, Media Pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran senam irama berbasis media pembelajaran pada siswa SMP yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran penjas di SMP. Model pembelajaran ini diharapkan dapat membantu guru pada saat proses pembelajaran pendidikan jasmani, khususnya pada materi senam irama. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE, dalam penelitian ADDIE ada 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan model, pelaksanaan, evaluasi, akan tetapi dalam kondisi pandemi COVID-19 ini peneliti hanya menggunakan 3 tahapan yaitu analisis, desain, dan pengembangan model. Hasil penelitian menghasilkan model pembelajaran senam irama berbasis media pembelajaran yang telah divalidasi dan direvisi oleh ahli pembelajaran dan ahli senam irama sebanyak 15 model. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran senam irama berbasis media pembelajaran pada siswa SMP  telah dinyatakan valid dan dapat diterapkan pada siswa SMP oleh ahli pembelajaran dan ahli senam irama.

 

Downloads

Published

2020-11-30