MODEL PEMBELAJARAN SENAM IRAMA BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.21009/jpja.v3i02.16271Keywords:
Model Pembelajaran, Senam Irama, Media PembelajaranAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran senam irama berbasis media pembelajaran pada siswa SMP yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran penjas di SMP. Model pembelajaran ini diharapkan dapat membantu guru pada saat proses pembelajaran pendidikan jasmani, khususnya pada materi senam irama. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE, dalam penelitian ADDIE ada 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan model, pelaksanaan, evaluasi, akan tetapi dalam kondisi pandemi COVID-19 ini peneliti hanya menggunakan 3 tahapan yaitu analisis, desain, dan pengembangan model. Hasil penelitian menghasilkan model pembelajaran senam irama berbasis media pembelajaran yang telah divalidasi dan direvisi oleh ahli pembelajaran dan ahli senam irama sebanyak 15 model. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran senam irama berbasis media pembelajaran pada siswa SMP telah dinyatakan valid dan dapat diterapkan pada siswa SMP oleh ahli pembelajaran dan ahli senam irama.