MODEL PEMBELAJARAN POLA HIDUP SEHAT BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 97 JAKARTA

Authors

  • Sukirno Sukirno`
  • Johansyah Lubis
  • Wahyuningtyas Puspitorini

DOI:

https://doi.org/10.21009/jpja.v1i1.7225

Keywords:

Model, Pembelajaran, Pola hidup sehat, Multimedia

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh terbatasnya pengembangan multimedia pembelajaran untuk siswa SMP N 97 Jakarta kelas VII materi pola hidup sehat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk multimedia pembelajaran untuk siswa SMP N 97 Jakarta kelas VII materi pola hidup sehat dalam bentuk video interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Devlopment, yaitu dengan melakukan tahapan sebagai berikut: analisis kebutuhan, mengembangkan produk awal, dan evaluasi produk. Setelah melalui tahap produksi dihasilkan produk awal yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya, produk di uji cobakan kepada peserta didik melalui tahap, uji coba perseorangan dan uji coba lapangan. Subjek uji coba produk adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 97 Jakarta sebnyak 30 siswa. Data dikumpulkan melalui angket. Data berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk. Data kualitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian berupa video pembelajaran interaktif yang telah diuji cobakan. Hasil validasi ahli materi adalah “Sangat Baik†dengan rerata skor 4,2 dan ahli media menilai “Sangat Baik†dengan rerata skor 4,73. Penilaian peserta didik pada uji coba utama media adalah “Sangat Baik†dengan rerata skor 4,57. Jadi dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2018-05-31