Integrasi Nilai Filosofis Tari Topeng Sekura Pada Pembelajaran Sejarah Lokal

Authors

  • Suparman Arif Universitas Lampung
  • Nur Indah Lestari UNIVERSITAS LAMPUNG
  • Sumargono Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPS.101.01

Keywords:

Forest Preservation, Sekura, History Learning

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai filosofis Tari Topeng Sekura, sehingga nilai tersebut dapat diintegrasikan dalam pembelajaran sejarah di SMA sebagai edukasi pelestarian hutan adat masyarakat Lampung Saibatin. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan realita sosial. Realita sosial yang dipelajari adalah kearifan lokal masyarakat adat Kabupaten Lampung Barat dalam menjaga kelestarian hutan. Kearifan lokal tersebut tercermin dalam  Tari Topeng Sekura pada penampilan kostum sekura kamak. Kecerdasan lokal dalam menjaga kelestarian lingkungan tersebut perlu diintegrasikan pada pembelajaran sejarah. Pengintegrasisan nilai filosofis Tari Topeng Sekura dalam pembelajaran sejarah dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya: pengembangan materi pelajaran yang memasukan unsur kearifan lokal nilai filosofis Tari Topeng Sekura, pengembangkan instrumen evaluasi, dan mendesain proses pembelajaran yang menerapkan model-model pembelajaran yang inovatif yang dapat memasukan unsur nilai filosofis Tari Topeng Sekura. Untuk mendesain pembelajaran yang memasukan nilai filosofis Tari Topeng Sekura dalam pembelajaran sejarah maka guru harus mampu memetakan materi pelajaran yang dapat mengintegrasikan nilai filosofis Tari Topeng Sekura. Kearifan lokal yang dikembangkan dalam pembelajaran sejarah mampu membentuk karakter pelestarian lingkungan hutan bagi peserta didik.

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Arif, S., Lestari, N. I., & Sumargono. (2021). Integrasi Nilai Filosofis Tari Topeng Sekura Pada Pembelajaran Sejarah Lokal . Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(1), 1–21. https://doi.org/10.21009/JPS.101.01