FILM SEJARAH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA

Authors

  • Pamela Ayesma Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
  • Kurniawati Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
  • Nurzengky Ibrahim Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPS.102.03

Keywords:

Film Sejarah, Pembelajaran Sejarah, Sumber Belajar Sejarah, Media Belajar Sejarah

Abstract

This study aims to find out about (1) the use of historical films as a source and alternative media in learning history (2) the responses of teachers and students when using film media in learning history. (3) Obstacles faced by teachers in utilizing historical films in learning activities. This research was conducted at SMA Negeri 12 Tangerang Selatan. This study uses descriptive qualitative methods, observation data collection techniques, and interviewing informants, namely students who follow history learning with historical film media and subject teachers who use historical film media. The results of this study indicate that: The implementation of history learning with film media at SMA Negeri 12 Tangerang Selatan has been well utilized by history teachers. (1) The use of films helps students understand historical stories, do assignments, foster students' interest in history lessons, and build students' imaginations with the art created by films. But the use of historical films as media must also be considered by the teacher because not all students have high imaginations, a deeper explanation is needed and the creativity of the teacher in creating learning media including films. (2) In the use of film media as learning media, some obstacles are felt by teachers when teaching, namely the adjustment of historical films with historical material, the duration of historical films that are not by the learning time, and the state of school infrastructure.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang (1) Penggunaan film sejarah sebagai sumber dan media alternatif dalam pembelajaran sejarah (2) tanggapan guru dan siswa ketika menggunakan media film dalam pembelajaran sejarah. (3) Kendala yang di hadapi oleh guru dalam memanfaatkan film sejarah dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini di lakukan di SMA Negeri 12 Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data observasi, wawancara informan yaitu siswa yang mengikuti pembelajaran sejarah dengan media film sejarah dan guru mata pelajaran yang menggunakan media film sejarah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan media film di SMA Negeri 12 Tangerang Selatan telah dimanfaatkan baik oleh guru sejarah. (1) Penggunaan film sangat membantu siswa memahami cerita sejarah, mengerjakan tugas, menumbuhkan ketertarikan siswa dengan pelajaran sejarah, dan membangun imajinasi siswa dengan seni yang diciptakan film. Tetapi penggunaan film sejarah sebagai media juga harus diperhatikan oleh guru, karena tidak semua siswa memiliki imajinasi yang tinggi maka diperlukan Penjelasan lebih dalam dan kreativitas guru menciptakan media pembelajaran termasuk film. (2) Dalam pemanfaatan media film sebagai media pembelajaran, juga terdapat kendala yang dirasakan oleh guru saat mengajar yaitu penyesuaian film sejarah dengan materi sejarah, durasi film sejarah yang tidak sesuai dengan waktu pembelajaran, dan keadaan sarana prasarana sekolah.

Downloads

Published

2022-10-17

How to Cite

Ayesma, P., Kurniawati, & Ibrahim, N. (2022). FILM SEJARAH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA. Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(2), 131–147. https://doi.org/10.21009/JPS.102.03