Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Sumber Arab Melayu Berbasis Infografis Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Syiah Kuala
Keywords:
ADDIE, Bahan Ajar Infografis, Minat BelajarAbstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan sistem pembelajaran bahasa sumber Arab Melayu yang berlangsung pada program studi pendidikan Sejarah Universitas Syiah Kuala, (2) menguraikan mekanisme pengembangan bahan ajar bahasa sumber Arab Melayu berbasis infografis, (3) menganalisis efektivitas bahan ajar bahasa sumber Arab Melayu berbasis infografis dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa pendidikan sejarah Universitas Syiah Kuala. Penelitian pengembangan (R&D) ini mengacu pada desain model ADDIE, yang terdiri dari beberapa tahapan diantaranya: Analysis, Design, Development, Implementasi and Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses pembelajaran sejarah lokal yang diterapkan di program studi pendidikan Sejarah Universitas Syiah Kuala selama ini bersifat teacher center, (2) mekanisme pengembangan bahan ajar bahasa sumber Arab Melayu berbasis infografis dilakukan dengan prosedur R&D yang diawali dengan studi pendahuluan, uji kelayakan produk, dan uji efektivitas produk, (3) efektivitas bahan ajar bahasa sumber Arab Melayu berbasis infografis membawa dampak yang positif dan signifikan dalam meningkatakan minat belajar mahasiswa pendidikan sejarah Universitas Syiah Kuala, hal ini terlihat dari perbandingan nilai post test dengan nilai pre test minat belajar melalui uji paired samples t test dengan ketentuan nilai -t hitung < -t tabel yakni -12,608 < -2,093.
Kata Kunci : ADDIE, Bahan Ajar Infografis, Minat Belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright
Jurnal Pendidikan Sejarah work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.