Optimalisasi Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah dalam Menciptakan Generasi Literat di Era Teknologi

Authors

  • Khaeruddin Universitas Negeri Makassar
  • Najamuddin Universitas Negeri Makassar
  • Bahri Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Perpustakaan, Pembelajaran Sejarah, Generasi Literat

Abstract

Abstrak

Tulisan ini membahas tentang optimalisasi peran perpustakaan sebagai sumber pembelajaran sejarah dalam menciptakan generasi literat di era teknologi. Rumusan masalah yaitu bagaimana bentuk optimalisasi peran perpustakaan sebagai sumber pembelajaran sejarah untuk menciptakan generasi literat di era teknologi. Adapun tujuan dari penulisan artikel ini adalah akan mengkaji peranan perpustakaan dalam menghadapi tantangan baru dalam terciptanya generasi literat. Metode penulisan menggunakan studi kepustakaan serta penyajian data atau literatur review. Dalam tulisan ini menunjukan bahwa perpustakaan di era teknologi yang telah melek informasi memiliki tugas yang cukup sulit karena usaha, daya, dan biaya untuk penyediaan pelayanan serta fasilitas yang dibutuhkan oleh pemustaka masih sangat terbatas. Optimasi sistem automasi perpustakaan serta pengembangan perpustakaan digital merupakan strategi bagi pemustaka dalam memberikan solusi atas tantangan generasi digital, dan juga mulai diperhatikannya pengadaan sumber elektronik atau koleksi digital. Wawasan, keterampilan hard skills dan soft skills pustakawan haruslah ditingkatkan dan juga peningkatan terhadap sarana bagi generasi digital seperti colokan listrik, wifi/hotspot, kecepatan jaringan internet, perabotan yang informal dan santai, dan fasilitas audio video. Kolabirasi antara desain dan penataan ruangan hendaknya memperhatikan kenyamanan para pemustaka agar dapat saling berinteraksi dan berkolaborasi

Downloads

Published

2023-12-05

How to Cite

Khaeruddin, Najamuddin, & Bahri. (2023). Optimalisasi Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah dalam Menciptakan Generasi Literat di Era Teknologi. Jurnal Pendidikan Sejarah, 12(2), 137–155. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jps/article/view/31069