Kualitas Buku Cergam Sultan Hasanuddin Untuk Meningkatkan Berpikir Kronologis Siswa Kelas V

Authors

  • Lorenza Parupang Universitas Sanata Dharma
  • Rusmawan

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPS.141.04

Keywords:

Buku Cerita Bergambar, Berpikir Kronologis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita bergambar materi Sultan Hasanuddin untuk meningkatkan berpikir kronologis siswa kelas V SD. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni R&D dengan menggunakan model ADDIE. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara, studi dokumentasi. Penelitian yang dilakukan menghasilkan produk berupa buku cerita bergambar materi Sultan Hasanuddin dengan judul buku Ayam Jantan dari Timur. Kualitas produk yang dikembangkan mendapatkan hasil validasi dari validator dosen mencapai 3,25%, validator guru sejarah 3,94% dan validator guru kelas V 3,81% dengan rata-rata 3,67% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test didapatkan hasil rata-rata pre-test dan post-test terjadi peningkatan yaiu dari 4,29% menjadi 8,79% dengan kenaikan rata-rata 4,50%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku cerita bergambar materi Sultan Hasanuddin memiliki kualitas yang sangat baik untuk meningkatkan berpikir keonologis siswa kelas V.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Parupang, L., & Rusmawan. (2025). Kualitas Buku Cergam Sultan Hasanuddin Untuk Meningkatkan Berpikir Kronologis Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Sejarah, 14(1), 65–89. https://doi.org/10.21009/JPS.141.04