Kualitas Buku Cergam Sultan Hasanuddin Untuk Meningkatkan Berpikir Kronologis Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.21009/JPS.141.04Keywords:
Buku Cerita Bergambar, Berpikir KronologisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita bergambar materi Sultan Hasanuddin untuk meningkatkan berpikir kronologis siswa kelas V SD. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni R&D dengan menggunakan model ADDIE. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara, studi dokumentasi. Penelitian yang dilakukan menghasilkan produk berupa buku cerita bergambar materi Sultan Hasanuddin dengan judul buku Ayam Jantan dari Timur. Kualitas produk yang dikembangkan mendapatkan hasil validasi dari validator dosen mencapai 3,25%, validator guru sejarah 3,94% dan validator guru kelas V 3,81% dengan rata-rata 3,67% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test didapatkan hasil rata-rata pre-test dan post-test terjadi peningkatan yaiu dari 4,29% menjadi 8,79% dengan kenaikan rata-rata 4,50%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku cerita bergambar materi Sultan Hasanuddin memiliki kualitas yang sangat baik untuk meningkatkan berpikir keonologis siswa kelas V.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright
Jurnal Pendidikan Sejarah work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.