Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah di SMA Negeri 1 Parung

  • Asriadi Ibrahim STKIP Kie Raha Ternate
Keywords: Hasil belajar sejarah, metode pembelajaran, kemandirian belajar

Abstract

This research aimed to determine to know the influence of learning methodology and independent learning through to result study of  history in SMA  academic year 2016/2017.  The method of research used experiment with treatment design by level 2x2. The instrument were used for independent learning and the instrument of result study were multiple choices. The result of the research showed that: 1) The students’ result of history who followed the inquiry learning methodology were higher than the students who followed the conventional methodology. 2) it had interaction of influence between learning and independent learning. 3) the students’  result who followed inquiry learning methodology with independent learning were higher than students who followed conventional learning methodology. 4) the students’ result study who followed inquiry learning methodology were lower than the students who followed conventional learning methodology with low independent  learning.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar SMA Negeri 1 Parung Pada Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Intrument yang digunakan adalah untuk kemandirian belajar dan instrument yang digunakan untuk hasil belajar adalah tes pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar sejarah siswa yang mengikuti metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dan siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional. 2) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan kemandirian belajar. 3) hasil belajar siswa yang mengikuti metode pembelajaran inkuiri dengan kemandirian belajar tinggi lebih tinggi dari siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional dengan kemandirian belajar tinggi. 4) hasil belajar siswa yang mengikuti metode pembelajaran inkuiri dengan kemandirian belajar hasilnya lebih rendah dari siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional dengan kemandirian belajar rendah.

Published
2018-01-31
How to Cite
Ibrahim, A. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah di SMA Negeri 1 Parung. Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(1), 29 - 39. https://doi.org/10.21009/JPS.071.02