Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Terintegrasi dalam Mata Pelajaran IPS di SMPN 4 Kota Bekasi

Authors

  • Kurniawati Kurniawati Universitas Negeri Jakarta
  • Zulfiati Zulfiati Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPS.071.01

Keywords:

pembelajaran sejarah, mata pelajaran IPS, Evaluasi responsive

Abstract

This research explores the history learning which is integrated to IPS subject or also known as social studies at secondary school in SMPN 4 Kota Bekasi. The Method used in this research was evaluation method which employed responsive evaluation developed by Stake. Responsive evaluation by Stake used responsive clock as guided stages for evaluator. There were three components of evaluation following his earlier countenance model antecedent, transactions and outcomes. The things considered as antecedent were policy of the program, goal of the program, curriculum, book, means and infrastructure, and teacher’s competency. The things considered as transactions were lessons plan, instructional implementation, assessment, method and media of instructions. The results of the research show that there were several problems in the school related to program being evaluated, therefore several recommendation are given to IPS’s teacher, headmaster, government and also parents and community.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran sejarah yang terintegrasi dalam mata pelajaran IPS atau yang dikenal juga sebagai social studies di sekolah menengah pertama SMPN 4 Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode evaluasi yang menggunakan model evaluasi responsive yang dikembangkan oleh Stake. Evaluasi responsive yang dikembangkan oleh Stake menggunakan responsive clock sebagai panduan bagi evaluator. Terdapat tiga komponen evaluasi mengikuti model countenance yang telah dikembangkan sebelumnya oleh   Stake   yaitu   komponen   antecedent,   komponen   transactions   dan   komponen outcomes. Termasuk komponen antecedent adalah kebijakan program, tujuan program, kurikulum, buku, sarana prasarana, dan kompetensi guru. Termasuk dalam komponen transactions adalah perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran dan penilaian proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa masalah di sekolah berkaitan dengan program pembelajaran sejarah yang terintegrasi dalam   mata pelajaran IPS di SMP N 4 Kota Bekasi, sehingga beberapa saran diberikan kepada sekolah dan guru, MGMP, pemerintah, orang tua dan masyarakat.

Downloads

Published

2018-01-31

How to Cite

Kurniawati, K., & Zulfiati, Z. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Terintegrasi dalam Mata Pelajaran IPS di SMPN 4 Kota Bekasi. Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(1), 1–28. https://doi.org/10.21009/JPS.071.01