Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Sejarah di SMK Negeri 31 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.21009/JPS.071.03Keywords:
hasil belajar sejarah, pembelajaran kooperatif, model course review horayAbstract
This study aims to obtain empirical data of the impact of the application of course review horay type cooperative learning model to the learning result of history at SMK Negeri 31 Jakarta. This study was conducted from Juni 2017 to January 2018This study is a quantitative study with experimental method. The population target of this study was 16 classes contain 541 students. The reachable population is 10th graders covered five classes. The sample of this study is two classes, X OTP 2 (Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran) and X AKL (Akuntansi dan Keuangan Lembaga) which defined through random sampling. The experiment class is X OTP 2 and the control clas is X AKL. Through the validity formula, “r Product Momentâ€, the result showed that from 60 instruments questions, 40 questions was valid and 20 questions is invalid. The readability test, with Spearman Brown. The normality test used Lilliefors. In the homogeneous test used Barlette. The hypothesis used t formula with the trusted level 95% (a=0,05). So, it could be concluded that there was an impact of the use of the impact of the application of course review horay type cooperative learning model to the learning result of history at SMK Negeri 31 Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Sejarah di SMK Negeri 31 Jakarta. Penelitian ini berlangsung dari bulan Juni 2017 sampai Januari 2018.Pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi target adalah seluruh siswa SMK Negeri 31 Jakarta, terdiri dari 16 kelas yang berjumlah 541 siswa. Populasi terjangkau penelitian ini adalah siswa Kelas X yang terbagi menjadi lima kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas dengan menggunakan teknik Simple Random sampling sehingga didapatkan kelas X OTP 2 (Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran) sebagai kelas eksperimen dan kelas X AKL (Akuntansi dan Keuangan Lembaga) sebagai kelas kontrol. Melalui uji validitas dengan rumus “r Product Moment†hasilnya menunjukkan dari 60 soal instrumen 40 soal valid dan 20 soal tidak digunakan sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Spearman Brown. Pengujian normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors. Uji homogenitas menggunakan uji Bartlett Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t pada taraf kepercayaan 95% (a=0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Sejarah di SMK Negeri 31 Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright
Jurnal Pendidikan Sejarah work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.