Persepsi Guru Sejarah Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Sejarah: Survei Guru Sejarah di SMAN Se-Jakarta Barat
DOI:
https://doi.org/10.21009/JPS.071.04Keywords:
Kurikulum 2013, Guru Sejarah, Mata Pelajaran Sejarah, PersepsiAbstract
This study aims to analyze the perceptions of history teachers on the implementation of the Kurikulum 2013 on the subject of history by surveying the history teachers in West Jakarta Senior High School. This study used survey research method with data collection techniques through questionnaires distribution to teachers of history subjects in West Jakarta Senior High School which amounted to 48 respondents. The result of this research is perception of history teacher in West Jakarta Senior High School about implementation of Kurikulum 2013 have very good perception about Kurikulum 2013 with percentage 88,27%. It can be said that the history teacher can receive, understand, and know the Curriculum change from Kurikulum 2006 (KTSP) to Kurikulum 2013
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru sejarah terhadap implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran sejarah dengan mensurvei guru sejarah yang ada di SMAN wilayah Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada guru-guru mata pelajaran sejarah yang ada di SMAN wilayah Jakarta Barat yang berjumlah sebanyak 48 responden. Hasil dari penelitian ini adalah persepsi guru sejarah SMA Negeri di wilayah Jakarta Barat mengenai implementasi Kurikulum 2013 memiliki persepsi yang sangat baik tentang Kurikulum 2013 dengan presentase 88,27%. Hal ini dapat dikatakan bahwa guru sejarah dapat menerima, memahami, dan mengetahui adanya perubahan Kurikulum dari Kurikulum 2006 (KTSP) menjadi Kurikulum 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright
Jurnal Pendidikan Sejarah work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.