Pelaksanaan Teknik Evaluasi Pembelajaran Sejarah Peradaban Islam di IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Authors

  • Ratni Ratni UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Suriani suriani Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPS.072.01

Keywords:

Dosen, Sejarah Peradaban Islam, Teknik Evaluasi

Abstract

In the greatness time of Islamic Civilazation, Islamic Education chose oral exam for evaluation technic. The result of evaluation on education is for evaluate life with face all the trials, but its a life its self. How about now, what kind of evaluation are use by lecturer and why they choose for the evaluation? The aim of the research is to describing technic evalution for learning Islamic Civilazation History at IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten in 3 Faculty. The method is Kualitatif Research in case study wich deskriptif analitif Method. The kualitatif  was conducted through observation, interview, and documens. The result are two factors influencing lecturer to choose and use evaluation technic (1) the learning purpose and (2) lecturer education background.

Keywords: Evaluation Teknic, Islamic Civilazation History, Lecturer

Abstrak: Di masa kejayaan Peradaban Islam memilih teknik ujian lisan. Hasil dari evaluasi dalam dunia pendidikan merupakan upaya mengevaluasi hidup dalam menghadapi setiap cobaan. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan gambaran pelaksanaan teknik evaluasi pembelajaran Sejarah Peradaban Islam dengan metode deskriptif analitik. Focus penelitian ini adalah untuk melihat dan memaparkan mengapa dosen pengampu pembelajaran Sejarah peradaban Islam menggunakan teknik evaluasi tertentu. Tiga aspek yang dikaji adalah bagaimana perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran dan teknik evaluasi dalam ranah kognitif serta afektif. Temuan penelitian ini mendapatkan hasil bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi dosen pengampu mata kuliah Sejarah Peradaban Islam memilih dan menggunakan teknik evaluasi ada dua, yaitu: tujuan pembelajaran dan latar belakang pendidikan dosen. Gabungan dari dua faktor temuan itu menghasilkan pola pemilihan dan pelaksanaan teknik evaluasi pembelajaran Sejarah Peradaban Islam.

Kata kunci: Dosen, Sejarah Peradaban Islam, Teknik Evaluasi.

Downloads

Published

2018-07-31

How to Cite

Ratni, R., & suriani, S. (2018). Pelaksanaan Teknik Evaluasi Pembelajaran Sejarah Peradaban Islam di IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(2), 1–14. https://doi.org/10.21009/JPS.072.01