KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI SAYUR MENGGUNAKAN APLIKASI ONLINE : Apakah WoM dan Kualitas Produk Mempengaruhi?
DOI:
https://doi.org/10.21009/JRMSI.012.2.09Keywords:
Life Style, Price, Product Quality, Word of Mouth, Brand Image, Purchase DecisionAbstract
Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli sayuran melalui aplikasi online. Beberapa variabel yang digunakan untuk mengukur keputusan pembelian adalah gaya hidup, harga, kualitas produk, word of mouth, dan brand image. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang berada di wilayah Jabodetabek dan mengetahui tentang jasa jual beli sayur online. Dari hasil kuesioner, diperoleh sebanyak 256 responden. Dari seluruh responden terdapat 241 data yang dapat diterima sebagai sampel. Karakteristik sampel penelitian ini antara lain masyarakat di wilayah Jabodetabek, masyarakat yang mengetahui tentang jasa jual beli sayur online, masyarakat yang pernah melakukan minimal satu kali pembelian di jasa jual beli sayur online. ada 5 hipotesis; gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh signifikan terhadap citra merek, kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap merek, word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan citra merek berpengaruh signifikan pada keputusan pembelian. ada 5 hasil dari penelitian ini, diantaranya; variabel gaya hidup tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, variabel harga berpengaruh terhadap citra merek, variabel kualitas produk berpengaruh terhadap citra merek, variabel word of mouth tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dan variabel citra merek merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian
References
Akbar, M. F., & Anggraeni, F. D. (2017). Teknologi Dalam Pendidikan : Literasi Digital dan Self-Directed Learning pada Mahasiswa Skripsi. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 28–38. https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.4458
Al-Mahmud, A., & Rahman, M. K. (2014). A critical review of cunsumers sensitivity to price: managerial and theoritical issues. Journal of International Business and Economics, 2(2), 1–9.
Allshop, D. T., Bassett, B. R., & Hoskins, J. A. (2007). Word of mouth. Journal of Advertising Research, 47(4), 398–411.
Amanah, D., Hurriyati, R., Gaffar, V., Layla, A. A., & Harahap, D. A. (2018). Effect of price and product completeness to consumer purchase decision at Tokopedia.com. Global Conference on Business, Management and Entrepreneurship, December 2018, 34–37. https://doi.org/10.5220/0007114300340037
Boksberger, P. ., & Melsen, L. (2011). Perceived value: a critical examination of definitions, concepts and measures for the service industry. Journal of Service Marketing, 25(3), 229–240.
Chu, Y., & Lee, J. J. (2007). The experiential preferences of the online consumers in different internet shopping lifestyles towards online shopping web sites. Human Computer Interaction, 4553, 3–11.
D’Agostino, R. (2017). Goodness-of-fit-techniques. Routledge.
Djumena, E. (2020). Peluang usaha di tengah pandemi, penjualan sayuran online melonjak. Kompas.Com’. https://money.kompas.com/read/2020/04/25/123300926/peluang-usaha-di-tengah-pandemi-penjualan-sayuran-online-melonjak?page=all.
Engel, J. F., & Blackwell, R. D. (2001). Consumer behavior (9th ed.). Prentice hall.
Esarey, A. (2011). Digital Communication and Political Change in China. International Journal of Communication, 5(0), 22.
Foster, B., & Johansyah, M. D. (2019). The effect of product quality and price on buying interest with risk as intervening variables (study on Lazada.com site users). International Journal of Innovation, Creativity and Change, 9(12), 66–78. www.ijicc.net
Habibah, U., & Sumiati. (2016). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi , Bisnis & Entrepreneurship, 1(1), 31–48.
Huber, F., Herrmann, A., & Henneberg, S. C. (2007). Measuring customer value and satisfaction in services transaction, scale development, validation, and crosscultural comparison. International Journal of Consumer Studies, 31(6), 554–564.
Huges, M. (2007). Buzzmarketing (PT Elex Media Komputindo (ed.)).
Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. PT. Index.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Dasar-dasar pemasaran (A. Sindor (ed.); 1st ed.). Prenhalindo.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Prentice hall.
Maney, K. L. (2014). A study on the impact of lifestyle on young Indian consumer purchase decision. Seventeenth AIMS International Conference on Managemen, 1, 902–906.
Park, C. W., Maclinnis, D. J., Priester, J., Eisingerich, A. B., & Lacobucci, D. (2010). Brand attachment and brand attitiude strength: conceptual and empirical differentiation of two critical brand equity drivers. Journal of Marketing.
Peter, J., & Olson, P. (2005). Consumer behaviour & marketing strategy. Mac graw hill Companies Inc.
Pilliang, Y. (2012). Masyarakat Informasi Dan DigitaL: Teknologi Informasi dan Perubahan Sosial. Jurnal Sosioteknologi, 11(27), 143–155.
Saud, M., Ida, R., Abbas, A., Ahmad, R., & Ashfaq, A. (2020). Media Sosial dan Digitalisasi Partisipasi Politik pada Generasi Muda : Perspektif Indonesia. 8(1), 87–97.
Tambunan, M. R. U. D., & Anwar, R. (2019). Transformasi Budaya Organisasi Otoritas Perpajakan Indonesia Menghadapi Era Ekonomi Digital. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 253–264. https://doi.org/10.17358/jabm.5.2.253
Yasmin, A. (2017). Impact of brand image on consumers’ purchase decison. International Journal of Research in Social Sciences, 7(10), 1–18. https://doi.org/2249-2496
Zarei, A., & Kazemi, A. (2014). The impact of positive word of mouth on store brand purchase intention with mediated effect of store image and perceived risk towards SBs. Journal of Accounting & Marketing, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.4172/2168-9601.1000115
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Articles in Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia are Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License. This license permits use, distribution and reproduction in any medium for non-commercial purposes only, provided the original work and source is properly cited. Any derivative of the original must be distributed under the same license as the original.