Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Konsep Kimia Koloid di Kelas XI SMA

Authors

  • Lukman Laliyo Universitas Negeri Gorontalo
  • Moh. Rifaldi Djalil
  • Nurhayati Bialangi

DOI:

https://doi.org/10.21009/JRPK.131.05

Keywords:

Students’Learning Difficulty, Three-tier Multiple Choice, Colloid

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam memahami materi kimia koloid berdasarkan indikator. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA Kota Gorontalo dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, Poplasinya adalah seluruh kelas XI. Sampel penelitian ini sebanyak 60 siswa yang diambil dari kelas XI tersebut. Instrument yang digunakan adalah instrument tes diagnostik Three-tier multiple choice dengan 15 butir soal. Hasil uji coba instrument diperoleh validitas isi sebesar 97,7%. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa (1) Kesulitan Belajar siswa pada materi koloid tergolong tinggi dan terletak disemua indikator pada materi koloid; (2) Kesulitan tertinggi terletak pada menganalisis pembuatan koloid degan persentase kesulitan belajar sebesar 79,15% dan dikategorikn tinggi. Fakta ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa pada materi koloid tergolong tinggi.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Laliyo, L., Djalil, M. R., & Bialangi, N. (2023). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Konsep Kimia Koloid di Kelas XI SMA . Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 13(1), 37–42. https://doi.org/10.21009/JRPK.131.05