Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Topik Kimia terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Prestasi Belajar : Artikel Review

Authors

  • Frida Kristining Tyas Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No.05, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, 65145, Kota Malang
  • Sri Rahayu Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No.05, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, 65145, Kota Malang https://orcid.org/0000-0002-5204-4756
  • I Wayan Dasna Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No.05, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, 65145, Kota Malang

DOI:

https://doi.org/10.21009/JRPK.121.06

Keywords:

Problem Based Learning, keterampilan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, prestasi belajar

Abstract

Dunia pendidikan selalu berkembang seiring waktu dengan terus menyelidiki metode belajar mengajar yang efektif. Hal ini bertujuan agar proses belajar mengajar dapat berjalan lebih mudah dengan hasil pemahaman materi ajar yang baik. Keterampilan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, dan prestasi pembelajar merupakan output yang sangat diharapkan dalam proses belajar mengajar. Hal ini dapat dicapai salah satunya dengan pendekatan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan mengeksplorasi penelitian-penelitian sebelumnya yang mengkaji pembelajaran PBL dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, dan prestasi belajar. Metode penelitian menggunakan review literatur pada artikel 10 tahun terakhir dan didapatkan 11 artikel yang memenuhi syarat review. Hasil review menunjukkan bahwa artikel dengan desain true experiment menyatakan keefektifan pembelajaran PBL lebih tinggi dari artikel yang lain. Pembelajaran PBL memberikan pebelajar dapat mengeksplorasi pemikiran mereka, menemukan solusi alternatif, mencoba ide dan hipotesis, merevisi pemikiran, dan berkolaborasi dengan yang lain untuk memecahkan masalah sehingga dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, dan prestasi belajar.

 

Kata kunci: 

Problem Based Learning, keterampilan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, prestasi belajar.

Author Biographies

Sri Rahayu, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No.05, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, 65145, Kota Malang

Current position:
Professor in Science Education
at Chemistry Department, Faculty of Mathematics & Science, State University of Malang (UM)
Jl. Semarang 5, Malang East Jawa 65145
INDONESIA

I Wayan Dasna, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No.05, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, 65145, Kota Malang

Current position: Associate professor in Inorganic Chemistry at Chemistry Department, Faculty of Mathematics & Science, State University of Malang (UM)
Jl. Semarang 5, Malang East Jawa 65145
INDONESIA,

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Kristining Tyas, F., Rahayu, S., & Dasna, I. W. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Topik Kimia terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Prestasi Belajar : Artikel Review. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 12(1), 37–46. https://doi.org/10.21009/JRPK.121.06