ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KERJASAMA SISWA SMA NEGERI 30 JAKARTA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROJEK PADA MATERI HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI
DOI:
https://doi.org/10.21009/JRPK.041.01Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan komunikasi dan kerjasama siswa pada saat penerapan metode pembelajaran projek. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-7 SMA Negeri 30 Jakarta sebanyak 35 orang. Penelitian dilaksanakan dari April hingga Mei 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kemampuan komunikasi dan kerjasama siswa dinilai menggunakan 3 angket, yaitu: self report, peer review, dan observer. Ketiga angket tersebut mengacu pada 7 indikator, yaitu: tanggung jawab terhadap tugas, menciptakan suasana kondusif saat diskusi, mengambil bagian dalam pengambilan keputusan, menghargai pendapat dan keputusan kelompok, menyesuaikan pilihan kata, volume, dan intonasi suara, menyampaikan ide/hasil diskusi secara jelas, efektif, sistematis, dan meyakinkan, serta menaggapi lawan bicara secara positif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi dan kerjasama siswa mengalami peningkatan. Secara keseluruhan pencapaian kemampuan kerjasama sebesar lebih dari 75% dan kemampuan komunikasi lebih dari 70%.
Kata kunci: Kemampuan komunikasi; Kemampuan Kerja Sama; Pembelajaran Projek; Hidrokarbon dan Minyak Bumi