INTEGRASI REPRESENTASI MAKROSKOPIK, PARTIKEL, DAN SIMBOLIK PADA BAHAN AJAR LARUTAN ASAM-BASA MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.21009/JRPK.041.02Abstract
Integrasi representasi makroskopik, partikel, dan simbolik dapat membatu siswa menghubungkan antar ketiga representasi dari suatu fenomena. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar Larutan Asam-Basa melalui integrasi representasi makroskopik, partikel, dan simbolik dengan model Learning Cycle 5E yang layak untuk kelas XI. Bahan ajar ini dapat dijadikan sumber belajar alternatif pada pembelajaran kimia. Penelitian dilakukan di Universitas Negeri Jakarta, SMAN 39 Jakarta, dan MAN 14 Jakarta sejak bulan Februari hingga November 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan. Metode ini terdiri dari tiga tahap yaitu analisis kebutuhan, pengembangan bahan ajar, dan uji coba kelayakan bahan ajar. Hasil perhitungan reliabilitas interrater pada uji materi, uji media, dan uji bahasa di tahap pengembangan bahan ajar, masing-masing menunjukkan bahwa kesesuaian antar penilai baik, r > 0.7. Selain itu hasil interpretasi skor pada tahap uji coba kelayakan menunjukkan bahwa bahan ajar layak digunakan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan dapat diterima dengan baik dan layak.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Larutan Asam-Basa, Representasi Kimia, Learning Cycle 5E, Penelitian Pengembangan.