ANALISIS PERSEPSI SISWA PADA MATERI KOLOID DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN MENTAL IMAGE ANALYSIS OF STUDENT’S

Authors

  • Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Jalan Rawamangun Muka, 13220 Jakarta, Indonesia
  • Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Jalan Rawamangun Muka, 13220 Jakarta, Indonesia
  • Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Jalan Rawamangun Muka, 13220 Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/JRPK.041.07

Abstract

Penggambaran  makroskopis, mikroskopis dan simbol dalam mata pelajaran kimia yang disebut sebagai triangle levels of representations dapat membuat persepsi siswa terhadap konsep menjadi berbeda-beda dan ada kemungkinan mengalami miskonsepsi atau kesalahan konsep. Visualisasi dapat memperjelas persepsi atau mental image siswa mengenai gambaran suatu konsep yang ada dalam pikirannya. Pada pembelajaran materi koloid selama ini disampaikan dengan analogi secara verbal, sehingga dapat menimbulkan persepsi siswa yang berbeda-beda terhadap suatu konsep. Diharapkan jika terdapat kesalahan persepsi (miskonsepsi) pada siswa, maka akan dapat dideteksi lebih awal dengan menggunakan mental image. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap konsep-konsep dalam materi koloid dengan menggunakan mental image. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tangerang pada bulan Mei-Juni 2013. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami miskonsepsi pada beberapa konsep pada materi koloid.

 Kata kunci: miskonsepsi, koloid, mental image

Published

2014-12-29

How to Cite

Dyah Ratna, Marheni, & Nurbaity. (2014). ANALISIS PERSEPSI SISWA PADA MATERI KOLOID DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN MENTAL IMAGE ANALYSIS OF STUDENT’S. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 4(1), 271–277. https://doi.org/10.21009/JRPK.041.07