Model Belajar Lempar Tangkap Bola Untuk Anak Disabilitas Grahita Ringan
DOI:
https://doi.org/10.21009/JSCE.05208Keywords:
Lempar Tangkap, Disabilitas Grahita, adaptifAbstract
ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah untuk membuat siswa lebih tertarik dan menciptakan suasana yang menyenangkan bagi siswa disabilitas grahita dalam proses belajar mengajar Pendidikan Jasmani Adaptif. Penelitian ini dilakukan dengan mencari informasi, melakukan observasi dan juga wawancara kepada guru terlebih dahulu untuk mengetahui masalah yang ada pada pembelajaran. maka peneliti membuat model pembelajaran yang layak kemudian divalidasi oleh 3 ahli, masing-masing, ahli belajar gerak, ahli bola tangan dan praktisi pendidikan jasmani adaptif (pelatih disabilitas). Selanjutnya, model pembelajaran ini diujicobakan kepada anak disabilitas grahita teknik analisa data menggunakan validitas ahli. Dari 20 model yang ada di validasi oleh para ahli sebanyak 13 model yaitu, Lemparan tembok, Lemparan Atas, lempar target, Lempar Tangkap Team, Lempar Tangkap Zigzag, Lempar Tangkap Trio, Lempar Belakang, Lempar berhadapan melewati rintangan, Lempar dalam Lingkaran, lempar tembok bergantian, Lempar Tangkap 4 Pos, Lempar Tangkap rintangan, Lempar Estafet. 13 model dapat di lakukan dengan baik oleh disabilitas grahita sedangkan 7 model lain tianggap tidak valid karena pelaksanaan tidak sesuai dengan yang di intruksikan sehingga para disabilitas terlihat kesulitan.
Kata Kunci ; Lempar Tangkap, Adaptif, Disabilitas Grahita.
ABSTRACT
The purpose of this research is to make students more interested and create a pleasant atmosphere for students with disabilities grahita in the process of teaching Adaptive Physical Education.This research is conducted by searching for information, making observations and also interviewing teachers in advance to find out the problems that exist in learning.then the researchers created a decent learning model then validated by 3 experts, each, motion learning experts, handball experts and adaptive physical education practitioners of disability coaches.Furthermore, this learning model is tested to children with disabilities grahita data analysis techniques using expert validity.Of the 20 models validated by experts as many as 13 models namely, Wall throwing, Top Throw, Target Throw, Team Capture Throw, CatchZigzag Throw, Trio Capture Throw, Back Throw, Throw face through obstacles, Throw in Circle, throw wall alternately, Throw Catch 4 Posts, Throw Catch obstacles, Throw Relay.13 models can be done well by grahita disabilities while the other 7 models tianggap invalid because the implementation is not in accordance with the instructions so that the disabled look difficult.
Keywords : Adaptive, Mentally Disabled
References
Addriana Bulu Baan, POR FKIP Universitas Tadulako Palu Prosiding Seminar Nasional “Menjadi Guru Inspirator” Prodi PGSD FKIP Univesitas Muhammadiyah Purwokerto, ISBN : 978 - 602 - 14377- 4 - 2 berjudul Aktivitas Pendidikan Jasmani Adaptif Sebagai Pengembangan Keterampilan Gerak Anak Berkebutuhan Khusus (Abk)
Agus Mahendra, Bola Tangan (Jakarta: Depdikbud, 2000)
Agus Marsidi. (2007). Profesi Keguruan Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Andi Suntoda S dan Santi Vidia Andriyani (2011) “Kemampuan Guru Pendidikan Jasmani Adaptif Dalam Melaksanakan Program Pembelajaran Di Slb Bagian A Kota Bandung, Andi Suntoda S dan Santi Vidia Andriyani (Universitas Pendidikan Indonesia)” Upi.edu Jurnal Pendidikan Olahraga
Aqila Smart. (2010). Anak Cacat Bukan Kiamat. Yogyakarta:
Bandi Delphie. (2010). Pembelajarn Anak Disabilitas Grahita. Bandung: PT Refika Aditama.
Beltasar Tarigan. (2000). Penjas Adaptif. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Haenudin. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media.
Hari Amirullah. (2011). Keterlaksanaan Pendidikan Jasmani dan Olahraga di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia (Volume 8, Nomor 1, April 2011).
Katahati. Bandi Delphie. (2007). Pembelajaran untuk Anak dengan Kebutuhan Khusus. Jakarta: Depdiknas.
Murtadlo, Sri Widati. (2007). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif. Jakarta: Depdiknas.
Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sujarwo, Mustafa Masyur, dan Muhamad Arif, Teori dan Praktek Olahraga Universitas Negeri Jakarta, 2015)
Sumaryanti, dkk. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Jasmani Adaptif untuk Optimalisasi Otak Anak Disabilitasgrahita. Jurnal Kependidikan (Volume 40, Nomor 1). Hlm. 29-44.