Motivasi Berprestasi Dalam Mengikuti Latihan Di Klub Futsal Sman 11 Bekasi

  • Ferry Wattimena FIO UNJ
  • Khaeroni Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Motivasi, Berprestasi, Futsal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi berprestasi dalam mengikuti latihan di klub futsal sman 11 bekasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian deskriptif, dan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner melalui google form. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistitk deskriptif dan disajikan dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan motivasi berprestasi dalam mengikuti latihan di klub futsal sman 11 bekasi termasuk dalam kelompok 102-111 dengan rata-rata nilai sebesar 108,67. Secara rinci motivasi berprestasi pada kelompok 122-131 sebanyak 6 orang dengan presentase sebesar 20%. Motivasi berprestasi pada kelompok 112-121 sebanyak 8 orang dengan presentase sebesar 26,7%. Motivasi berprestasi pada kelompok 102-111 sebanyak 9 orang dengan presentase sebesar 30%. Motivasi berprestasi pada kelompok 92-101 sebanyak 2 orang dengan presentase sebesar 6,7%. Motivasi berprestasi pada kelompok 82-91 sebanyak 5 orang dengan presentase sebesar 16,7%.

Kata Kunci: Motivasi, Berprestasi, Futsal

 ABSTRACT

This research aims to find out the motivation to excel in participating in training at the sman 11 bekasi futsal club. This research is conducted using quantitative approaches, descriptive types of research, and using survey methods.Data collection techniques using questionnaires or questionnaires through google form. The sample in this study was 30 people. The data analysis techniques in this study used descriptive statistite and were presented in the form of percentages. The results showed that the motivation to excel in participating in training at the futsal club sman 11 bekasi belonged to the group of 102-111 with an average score of 108.67. In detail, the motivation to achieve in the group of 122-131 as many as 6 people with a percentage of 20%.Motivation to achieve in the group of 112-121 as many as 8 people with a percentage of 26.7%. Motivation to achieve in the group of 102-111 as many as 9 people with a percentage of 30%.Motivation to achieve in the group of 92-101 as many as 2 people with a percentage of 6.7%. Motivation to achieve in the group of 82-91 as many as 5 people with a percentage of 16.7%.

 Keywords: Motivation, Achievement, Futsal

References

Aryananda Wijaya Kusuma, I. M. (2019). Perbedaan Tingkat VO2max Awal Memiliki Dampak yang Berbeda Terhadap Hasil Latihan Tabata. Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(2), 327-341.

Damanik, R. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Serunai Ilmu Pendidikan, 6(1), 29-34.

Lubis, J. (2018). Pembinaan Kebugaran Jasmani dan Pemulihan. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Pangestu, B., Agung Parwata, I. L., & Made Agus Wijaya. (2021). Minat dan Motivasi Berprestasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bolavoli. Indonesian Journal Of Sport & Tourism, 3(2), 48-55.

Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 190-198.

Published
2022-01-18