Hubungan Antara Kemampuan Koordinasi Mata Tangan Dan Koordinasi Mata Kaki Terhadap Hasil Indeks Prestasi Komulatif Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.21009/JSCE.06209Keywords:
Koordinasi Mata Kaki, Koordinasi Mata Tangan, IPK KomulatifAbstract
ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya hungan antara skor koordinasi mata-tangan dan Koordinasi Mata-kaki terhadap Hasil Indeks Prestasi Mahasiswa. Penelitian ini mengggunakan sampling mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa Bimbingan Akademik (PA) pada semester 115. Disain Penelitian ini menggunakan metode Korelasi yang menghubungkan antara hasil tes Koordinasi Mata-tangan dan Koordinasi Mata-kaki terhadap hasil Indeks Prestasi Komulatif mahasiswa. Hasil dari penelitian ini didapatkan : 1). Terdapat hubungan yang positif antara koordinasi mata-tangan dengan indeks prestasi komulatif (yang dijelaskan oleh koefisien korelasi sebesar 0,83 dan kontribusi koordinasi mata-tangan sebesar 0,68 melalui Ŷ = 79,08 + 0,8X1). 2). Terdapat hubungan yang positif antara koordinasi mata-kaki dengan indeks prestasi komulatif (yang dijelaskan oleh koefisien korelasi sebesar 0,83 dan kontribusi koordinasi mata-tangan sebesar 0,68 melalui Ŷ = 79,08 + 0,8X1). 3. Koordinasi mata-tangan dan koordinasi mata-kaki, baik secara individu atau bersama-sama, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap indeks pencapaian kumulatif. Dilihat dari kontribusi yang diberikan oleh koordinasi mata-tangan 68% dan koordinasi mata-kaki 72% terhadap indeks pencapaian kumulatif, koordinasi mata-kaki lebih cenderung berkontribusi.
Kata Kunci: Koordinasi Mata-Tangan, Koordinasi Mata-Kaki, Indeks Prestasi
ABSTRACT
The study aims to find out the corelation of score of eye-hand and eye-foot coordination toward on the results of the cumulative achievement index of students. This study uses sampling of the student who This study uses a sampling of student groups who are enrolled in academic guidance in semester 115 . This study uses a correlation study that connects the results of the eye-hand coordination and eye-foot coordination test on the students' cumulative achievement index results. The results of this study are as follows: 1). there is a positive relationship between eye-hand coordination and cumulative achievement index (explained by the correlation coefficient of 0.83 and the contribution of eye-hand coordination of 0.68 through = 79.08 + 0.8X1). 2). there is a positive relationship between eye-foot coordination and cumulative achievement index (which is explained by the correlation coefficient of 0.83 and the contribution of eye-hand coordination of 0.68 through = 79.08 + 0.8X1). 3). Eye-hand coordination and eye-foot coordination, either individually or together, make a significant contribution to the cumulative achievement index. Judging from the contribution made by eye-hand coordination 68% and eye-foot coordination 72% to the cumulative achievement index, eye-foot coordination is more likely to contribute.
Keywords: Eye-Hand Coordination, Eye-Foot Coordination, Achievement Index Result
References
Bambang Sujiono, dkk: Metode Pengembangan Jasmani, Universitas Terbuka,2006 Baity, E. C. (200). Latihan Metode Baru Sepakbola . Bandung: Pionir Jaya
Bompa, Tudor O, & Haff, G. 2009. Periodization, Theory and Methodology of Training. Edisi ke-5. Illinois: Human Kinetics. h. 89 Detiknews.com (21 Agustus 2020,15:03 WIB)
Dwi Hatmisari Ambarukmi, Pelatihan Pelatih Fisik Level1, 2007
Foran. B. & Pound, R. Complete Conditioning for Basketball. Illinois. Human Kinetics; 2007.
Undrstanding Motor Development: Infants, Children,Adolescents. 2nd Edition, Indianapolis, Indiana, Benchmark,Inc.
Gallahue, David L (2012) , John C.Ozmun, Jaqueline, D.Goodway, Undrestanding Motor Development, McGraw-Hill Published, New York
http://dosenbiologi.com/manusia/bagian-bagian-otak-manusia,Tuesday,March 2017
http://health.enotes.com/childrens-health-encyclopedia/hand-eye-coordination
http://encarta.msn.com/dictionary_701706449/hand-eye_coordination.html.
Ismaryati (2008), Tes dan Pengukuran Olahraga, Surakarta:UNS Press
Khlifa, Riadh. Effects of a Plyometric Training Program With and Without Added Load on Jumping Ability in Basketball Players. 2010 {diunduh 14 Januari 2011}: tersedia dari JSC. http://www.nsca-lift.org
Lee, H Rose.2004. The Basketball Handbook. Illinois: Human Kinetics
Muhajir, M., & Muchlis, M. R. (2007). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Erlangga
M. Sajoto (1998), Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Permen Dikbud Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Tinggi
Sucipto, dkk. (2000). Sepakbola. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
SDM, B. (2012). Peraturan Resmi Bola Basket. PB PERBASI.
(2006), Manajemen Penelitian,Jakarta, Asdi Mahastya
(2006), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Revg-,Jakarta, Rineka Cipta
Singer ,Robert N, Motor Learning and Human Performance: Macmillan Publishing Cp.Inc,New York
Tri Wulandari, Perbedaan Kemampuan Mengingat ditinjau dari Gaya Belajar, Abstrak Skripsi Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009
www.reference.com (March 25,2020,11.46.29 AM ET)
www.allwomen.co.za (23 Juni 2015)