Model Edukasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Berbasis Digital Platform
DOI:
https://doi.org/10.21009/JSCE.06214Keywords:
Perilaku hidup bersih dan sehat, edukasi, digital platformAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya untuk mengubah perilaku masyarakat untuk meningkatkan derajat Kesehatan. Program pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat sejatinya sudah berjalan sekitar 15 tahun, akan tetapi keberhasilannya masih jauh dari harapan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan masyarakat akan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat serta meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat. Peneliti membuat sebuah model edukasi berbasis digital platform bagi masyarakat agar lebih memahami dan mempraktikkan program perilaku hidup bersih dan sehat di dalam kehidupan sehari-hari secara sederhana. Aplikasi ini memiliki fitur artikel dan video perilaku hidup bersih dan sehat. Metode penelitian menggunakan metode research and development dengan model ADDIE yang dilakukan dalam lima tahapan yaitu (1) Analisis Kebutuhan (2) Perancangan Aplikasi (3) Pengembangan Aplikasi (4) Implementasi (5) Evaluasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 orang masyarakat Desa Bojong Koneng Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor. Pengumpulan data dilakukan melalui google form. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif inferesial. Diketahui bahwa terdapat pengaruh penggunaan aplikasi sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dengan posttest. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi PHBS ini dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat dengan demikian derajat Kesehatan masyarakat dapat meningkat.
Kata kunci: Perilaku hidup bersih dan sehat, edukasi, digital platform
ABSTRACT
This research is motivated by efforts to change people's behavior to improve health status. The program for fostering clean and healthy living behaviors has actually been running for about 15 years, but its success is still far from expectations. This study aims to increase public awareness of the importance of clean and healthy living behavior as well as improve the degree of public health. Researchers created a digital platform-based educational model for the public to better understand and practice clean and healthy living behavior programs in simple everyday life. This application features articles and videos of clean and healthy living behavior. The research method uses research and development methods with the ADDIE model which is carried out in five stages, namely (1) Needs Analysis (2) Application Design (3) Application Development (4) Implementation (5) Evaluation. The subjects in this study were 30 people from Bojong Koneng Village, Babakan Madang District, Bogor Regency. Data collection is done through google form. The data analysis technique is done quantitatively inferential. It is known that there is an effect of using the application so that there is a significant difference between the pretest and posttest scores. It can be concluded that this PHBS application can be used as a means to increase knowledge of clean and healthy living behavior so that the degree of public health can increase.
Keywords: Clean and healthy behavior, education, digital platform
References
Jiménez-Olmedo, J. M., Pueo, B., & Penichet-Tomás, A. (2016). Learning Methodology Research in Physical Education. an Educational Proposal Based on Digital Platforms. EDULEARN16 Proceedings, 1(July), 7889–7895. https://doi.org/10.21125/edulearn.2016.0730
Karo, M. B. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)Strategi Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1(1), 1–4. http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/1/1
Linzalone, R., Schiuma, G., & Ammirato, S. (2020). Connecting universities with entrepreneurship through digital learning platform: functional requirements and education-based knowledge exchange activities. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research, 26(7), 1525–1545. https://doi.org/10.1108/IJEBR-07-2019-0434
Nasution, A. S. (2020). Edukasi PHBS di Tatanan Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perilaku Sehat. Jurnal Abdidas, 1(2), 28–32. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i2.9
Rusdi, M. S., Efendi, M. R., Putri, L. E., & Kamal, S. (2021). Edukasi Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ) sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Altifani, 1(1), 47–51.
Saputra, A., & Fatrida, D. (2020). Edukasi Kesehatan Pentingnya Perilaku Hidup Bersih Sehat (Phbs) Berbasis Audiovisual Di Panti Asuhan Al-Mukhtariyah Palembang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 125–133. khidmah.stikesmp.ac.id
Solehati, T., Susilawati, S., Lukman, M., Kosasih, C. E., Keperawatan, F., Padjajaran, U., Kedokteran, F., & Padjajaran, G. U. (2015). Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan Dan Skill Guru Serta Personal Hygiene Siswa Sd Effect of the Education on Knowledge and Skill of Teacher and Personal Hygiene Elementary School Students. Kemas, 11(1), 135–143.
Tabi’in, A. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat(Phbs) Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Pencegahan Covid 19. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 58. https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3620
Zukmadani, A. Y., Karyadi, B., & Kasrina. (2020). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Pencegahan COVID-19 Kepada Anak-Anak di Panti Asuhan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 68–76. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i1.440