Model Latihan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Pemain Sepakbola U-23 Universitas Negeri Jakarta

Authors

  • Muchtar Hendra Hasibuan
  • Nur Fitranto
  • Andri Irawan
  • Gusti Andri Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JSCE.08212

Keywords:

Model, Endurance, Sepakbola

Abstract

ABSTRAK. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kondisi fisik para pemain sepak bola U-23 melalui model Latihan yang di buat. Penelitian ini dilaksanakan di Jakarta, pengambilan data dilaksanakan di Kampus B Fakultas Ilmu Keolahragan Universiatas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah experimen dengan metode (Research and Depelopment / R & D). Populasi penelitian ini adalah pemain Usia 23 Tahun. Sampelnya adalah menggunakan metode R & D. Hasil dari penelitian ini adalah berupa Model Latihan Meningkatkan Daya Tahan Pemain Sepakbola U-23 UNJ.

Kata kunci:  Model, Daya Tahan, Sepakbola

ABSTRACT. The purpose of this research is to determine the improvement of physical conditions of U-23 football players through the developed training model. This research was conducted in Jakarta, with data collection carried out at Campus B of the Faculty of Sports Science, State University of Jakarta. The method used in this research was an experiment using Research and Development (R&D) method. The population of this research was players aged 23 years. The sample was selected using the R&D method. The result of this research is a Training Model to Improve Endurance of U-23 Football Players at UNJ.

Keywords: Model, Endurance, Football

References

Bangsbo, J. (2006). Physical and Metabolic of Training and Match-play in the Elite Football Palyer.

Bompa Tudor O. & G. Gregory Haff. 2009. Periodization Theory and Methodology of Training. Australia: Human Kinetics.Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-Aspek Psikologi Dalam Coaching. Jakarta: C.V. Tambak Kusuma.

Budiwanto, Setyo. (2012). Metodologi Latihan Olahraga. Malang: UM Press

Cahill, B. Misner, J. Boileau, R. 1997. The Clinical Importance of the Anaerobic Energy System and Its Assessment in Human Performance. Article. The American Journal of Sports Medicine vol. 25 no. 6. Diakses melalui http://ajs.sagepub.com/content/25/6/863.abstract tanggal 11 Juni 2014.

Emral. (2017). Pengantar Teori dan Metodologi Pelatihan Fisik. Depok: Kencana.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R & D Dalam Bidang Pendidikan.

Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–149.

Haryati, Sri. (2012) .“Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan”. Vol.37 No.1 15 September 2012: 11-26

Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mc. Ardle, William D, et.all. (1986). Exercises Physiology. Philadelphia, PA: Lee & Febiger.

Mulyono, Asriyadi, (2017). Futsal: Buku Pintar Futsal. Jakarta: Anugrah.

Nossek, Josep. (1982). General Theory of Training. Logos: National Institute for Sport.

Pate Russel; Bruce Mc Clenghan ang Robert Rotella. (1993) Dasar-dasar ilmiah kepelatihan.Terjemahan oleh Drs.Kasiyo Dwi jowinoto. Ms semarang: Ikip semarang Press

Putra, Nusa. (2011). Research and development Penelitian dan pengembangan:suatu pengantar. Jakarta. Rajagrafindo Persada.

Shepard, R. J. (1978). Aerobic versus anaerobic training for success in various athletic events. Canadian Journal of Applied Sport Sciences, 3, 9- 15

Sugiono, B.a. (2011). Metode Penelitian Pendidikan,Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sukadiyanto (2011). Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: CV. Lubuk Agung

Tegeh Made., Jampel. Nyoman., Pudjawan. Ketut. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Downloads

Published

2024-12-31