Pengaruh Media Pembelajaran Situs Lumpang Batu dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA

Authors

  • Misnah Misnah Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP, Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.21009/jtp.v21i1.10520

Keywords:

Kata kunci: sejarah, media pembelajaran, situs lumpang batu, hasil belajar, motivasi belajar.

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran situs lumpang dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar sejarah siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experimental dengan design faktorial 2×2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 1 Sigi Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah. Pemilihan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Sampel penelitian ini  sebanyak 32 siswa. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, digunakan instrumen berupa tes hasil belajar siswa, angket motivasi belajar dan lembar observasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif menggunakan uji Anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar sejarah siswa dengan menggunakan media pembelajaran situs lumpang batu lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dengan media pembelajaran power point; 2) terdapat interaksi positif antara media pembelajaran situs lumpang batu terhadap hasil belajar sejarah siswa; 3) terdapat interaksi positif antara motivasi belajar; 4)tidak ada interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar.

Kata kunci: sejarah, media pembelajaran, situs lumpang batu, hasil belajar, motivasi belajar.

Downloads

Published

2019-04-30

How to Cite

Misnah, M. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Situs Lumpang Batu dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(1), 42–55. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i1.10520