Pengembangan Modul Cetak Pembelajaran Remedial Untuk Peningkatan Ketuntasan Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII

Authors

  • Supkarwati - SMP Negeri179 Jakarta
  • Nurdin Ibrahim Universitas Negeri Jakarta
  • Priyono - Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jtp.v21i1.11246

Keywords:

research development, rowntree models, print module, remedial learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran remedial mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SMP. Metodologi yang digunakan adalah metologi penelitian pengembangan. Model yang digunakan adalah model Derek Rowntree dengan 3 tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap persiapan penulisan, serta tahap penulisan dan penyuntingan.  Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata dari ahli materi dan bahasa sebesar 3,8. Hal itu menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan sangat bagus. Hasil penelitian oleh ahli desain menunjukkan rata-rata 3,7. Artinya, produk ini sangat bagus. Berdasarkan uji satu-satu, hasil rata-rata sebesar 3,7. Artinya, modul ini hasilnya sangat bagus. Dari uji kelompok kecil, nilai rata-rata post test sebesar 82. Ini berarti modul mampu meningkatkan prestasi hasil belajar remedial dengan. Dari ujicoba lapangan, nilai rata-rata post test sebesar 81. Ini berarti, modul mampu meningkatkan prestasi hasil belajar remedial.

Dapat disimpulan bahwa modul cetak pembelajaran remedial bahasa Indonesia untuk siswa kelas VIII SMP dapat dikatakan bagus untuk pembelajaran remedial.

Downloads

Published

2019-07-03

How to Cite

-, S., Ibrahim, N., & -, P. (2019). Pengembangan Modul Cetak Pembelajaran Remedial Untuk Peningkatan Ketuntasan Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(1), 75–96. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i1.11246