Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif dengan mengintegrasikan budaya Lokal Masyarakat Wakatobi
DOI:
https://doi.org/10.21009/jtp.v22i2.15931Keywords:
hasil belajar Matematika, Kooperatif, budaya masyarakat WakatobiAbstract
Pembelajaran dengan mengintegrasikan budaya memungkinkan berinteraktif dengan aktif berdasarkan budaya yang sudah mereka kenal, sehingga dapat diperoleh proses dan pengertian materi yang terinternalisasi dengan ditunjukkan dengan hasil belajar yang optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan konsep kegiatan guru dan siswa dalam perangkat pembelaran koperatif tipe Student Achiefment Division (STAD) terintegrasi budaya kearifan lokal masyarakat wakatobi, (2) umendeskripsikan proses dan hasil pengembangann perangkat pembelajaran matematika model koperatif STAD terintegrasi kearifan budaya local masyarakat Wakatobi yang baik dan sistematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Reseach and Development (R & D) dengan modifikasi model 4-D yang terdiri dari 3 tahap yaitu: define, design, develop. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Tomia. Penenlitian ini menghasilkan (1)deskripsi konsep kegiatan dalam perangkat pembelaran koperatif tipe Student Achiefment Division (STAD) terintegrasi budaya kearifan lokal masyarakat wakatobi yang diuraikan kedalam kegiatan guru dan siswa (2) serangkaian proses pengembangan yang sistematis dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatifif tipe STAD terintegrasi kearifan budaya lokal Wakatobi yang baik yakni memenuhi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Teknologi Pendidikan is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Teknologi Pendidikan agree to the following terms.
Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.