Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif dengan mengintegrasikan budaya Lokal Masyarakat Wakatobi

Authors

  • La Ode Ahmad Jazuli Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.21009/jtp.v22i2.15931

Keywords:

hasil belajar Matematika, Kooperatif, budaya masyarakat Wakatobi

Abstract

Pembelajaran dengan mengintegrasikan budaya memungkinkan berinteraktif dengan aktif berdasarkan budaya yang sudah mereka kenal, sehingga dapat diperoleh proses dan pengertian materi yang terinternalisasi dengan ditunjukkan dengan hasil belajar yang optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan konsep kegiatan guru dan siswa dalam perangkat pembelaran koperatif tipe Student Achiefment Division (STAD) terintegrasi budaya kearifan lokal masyarakat wakatobi, (2) umendeskripsikan proses dan hasil pengembangann perangkat pembelajaran matematika model koperatif STAD terintegrasi kearifan budaya local masyarakat Wakatobi yang baik dan sistematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Reseach and Development (R & D) dengan modifikasi model 4-D yang terdiri dari 3 tahap yaitu: define, design, develop. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Tomia. Penenlitian ini menghasilkan   (1)deskripsi konsep kegiatan dalam perangkat pembelaran koperatif tipe Student Achiefment Division (STAD) terintegrasi budaya kearifan lokal masyarakat wakatobi yang diuraikan kedalam kegiatan guru dan siswa (2) serangkaian proses pengembangan yang sistematis dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatifif tipe STAD terintegrasi kearifan budaya lokal Wakatobi yang baik yakni memenuhi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan

Downloads

Published

2020-07-18

How to Cite

La Ode Ahmad Jazuli. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif dengan mengintegrasikan budaya Lokal Masyarakat Wakatobi. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 96–107. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i2.15931