Korelasi Hasil UKG SMA Tahun 2015 dengan Hasil UN Matematika SMA Tahun 2016 Daerah Istimewa Yogyakarta

Authors

  • Moch Sukardjo universitas negeri jakarta
  • Lipur Sugiyanta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jtp.v20i1.7920

Keywords:

UKG 2015 SMA, UN 2016 SMA, Daerah Istimewa Yogyakarta, korelasi, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:(1) menghitung kompetensi guru mata pelajaran Matematika tahun 2015 di DIY, (2) menghitung rata-rata nilai UN Matematika tahun 2016, dan (3) menentukan korelasi antara hasil kompetensi guru Matematika tahun 2015 terhadap hasil UN Matematika tahun 2016. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan rumusan korelasi. Data sekunder berasal dari hasil ujian kompetensi guru  tahun 2015 Dirjen GTK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan data hasil UN tahun 2016 Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  Populasi seluruh guru Matermatika yang mengikuti UKG tahun 2015  dan seluruh siswa SMA kelas 12  yang mengikuti Ujian Nasional  tahun 2016 dan menggunakan sampel jenuh. Hasil analisis regresi menunjukan bahwa nilai UKG Matematika 2015 tidak mempengaruhi perolehan nilai UN Matematika 2016. Hanya 0,03% nilai UN Matematika 2016 yang ditentukan oleh nilai UKG Matematika 2015. Dari hasil tersebut terlihat bahwa UKG Matematika tahun 2015 belum memiliki dampak terhadap peningkatan UN Matematika pada tahun 2016.

Downloads

Published

2018-07-27

How to Cite

Sukardjo, M., & Sugiyanta, L. (2018). Korelasi Hasil UKG SMA Tahun 2015 dengan Hasil UN Matematika SMA Tahun 2016 Daerah Istimewa Yogyakarta. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(1), 60–72. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i1.7920