PENGEMBANGAN SILABUS STUDENT DAY TATA RIAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SMA PLUS PGRI CIBINONG
Keywords:
Silabus, Kontekstual, Student day, Tata RiasAbstract
Salah satu produk pengembangan kurikulum dan pembelajaran yang berisikan garis-garis besar materi pembelajaran adalah silabus. Silabus adalah rancana pembelajaran pada suatu mata pembelajaran atau tema tertentu yang mecangkup komptensi inti, kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengembangkan silabus Student Day tata rias menggunakan model pembelajaran kontekstual di SMA Plus PGRI Cibinong yang layak dan praktik. Evaluasi yang dilakukan pada penelitian ini berupa uji validitas ahli kurikulum, uji validitas materi, uji validitas pengajar. Hasil dari ialah berupa uji validitas ahli materi, uji validitas kurikulum, uji validitas pengajar untuk mendapatkan hasil pengembangan silabus yang layak dan praktiks untuk digunakan oleh pengajar. Dan pada uji validitas ahli materi dan uji validitas kurikulum menunjukan silabus layak untuk digunakan sesuai dengan prinsip-prinsip silabus. Berdasarkan hasil tersebut maka silabus di uji validitas oleh pengajar silabus yang dikemabngan sangat praktiks sehingga dapat membantu pengajar.