PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBANTUAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SANITASI DAN HIGIENE KECANTIKAN DI SMK NEGERI 27 JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21009/10.2.8.2009Keywords:
Hasil Belajar, E-learning, EdmodoAbstract
Berdasarkan observasi yang telah dilaksanakan di kelas X Tata Kecantikan Kulit dan Rambut SMK Negeri 27 Jakarta, ditemukan suasana belajar Sanitasi dan Higiene Kecantikan di dalam kelas ruang pasif. Guru di dalam kelas yang kurang melibatkan siswa dalam penyampaian materi, selain itu media pembelajaran yang kurang interaktif antar guru dan siswa juga menjadi salah satu pemicu siswa yang kurang aktif. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh pengaruh penggunaan media pembelajaran E-Learning berbantuan Edmodo terhadap hasil belajar Sanitasi dan Kecantikan di SMK Negeri 27 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif kuasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara random samplingyaitu kelas X TKKR 3 (kelas eksperimen) dan kelas X TKKR 1 (kelas kontrol) SMK Negeri 27 Jakara, masing-masing kelas kelas 20 siswa. Teknik data menggunakan soal, lembar observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini termasuk soal dan lembar observasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji t ( t-test) . Berdasarkan hasil perhitungan nilai t hitung sebesar 4.088. Selanjutnya dicari nilai t tabel dari tabel distribusi t dengan taraf signifikansi 0,05 serta db = 20 + 20-2 = 38 maka diperoleh t tabel = F (0,05) (38) = 2,024. Dengan demikian, diperoleh nilai t hitung > t tabel atau 4.088> 2.024 artinya ada pengaruh penggunaane-learning berbantuan edmodo terhadap hasil belajar sanitasi dan higene kecantikan kompetensi dasar kosmetika perawatan badan.