Analisis Perilaku Dan Kecerdasan Konsumen Terhadap Konsumsi Produk Kosmetik Kecantikan

Authors

  • Adelia Septina Ika Anggraini Pendidikan Tata Rias, Universitas Negeri Surabaya, Jl. Ketintang, Ketintang, Kec. Gayungan, Kota Surabaya 60231, Jawa Timur, Indonesia
  • Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.21009/jtr.13.1.07

Keywords:

perilaku, kecerdasan, konsumen, konsumsi, kosmetik

Abstract

Kosmetik sudah menjadi menjadi kebutuhan mendasar bagi manusia. Untuk mendapatkan kosmetika tentunya perlu melakukan pembelian untuk konsumsi, dimana konsumen memiliki perilaku dan kecerdasan konsumsi yang berbeda. Adanya hal tersebut berpengaruh pada perilaku konsumen yang perlu dipelajari dan dipahami karena merupakan landasan dasar yang mempengaruhi kesuksesan penyusunan strategi pemasaran, operasionalisasi penjualan, pengelompokan konsumen, serta pembidikan target pembeli yang lebih fokus dan terarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku dan kecerdasan masyarakat terkait konsumsi produk kosmetik yang diklasifikasikan dari jenis kelamin, pekerjaan, dan usia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei yang menggunakan alat berupa angket. Data primer diperoleh dari hasil respon angket, sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur berupa buku dan juga artikel jurnal ilmiah. Proses pengambilan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket berupa formulir Google yang berisi instrumen kepada objek secara online. Instrumen terdiri dari tujuh belas pertanyaan yang harus dijawab oleh objek penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terkait perilaku dan kecerdasan konsumen terhadap variabel – variabel yang menjadi instrumen dalam pengambilan data. Sesuai rengan rentang usia setiap konsumen memiliki perilaku dan kecerdasan yang berbeda dalam konsumsi kosmetij sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya, maka dari itu terdapat perbedaan perilaku dalam kegiatan konsumsi produk kosmetik kecantikan.

Downloads

Published

2023-05-30