BAURAN PEMASARAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG: STUDI KASUS KAMPUNG BUDAYA SINDANGBARANG, BOGOR

Authors

  • Maidar Simanihuruk Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor
  • Maretha Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor

Keywords:

Bauran Pemasaran, Kepuasan Pengunjung, Kampung Budaya Sindangbarang

Abstract

Bauran Pemasaran merupakan suatu perangkat yang akan menentukan tingkat keberhasilan pemasaran bagi perusahaan, dan semua ini di tunjukan untuk memberikan kepuasan kepada segmen pasar atau konsumen yang dipilih. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (Produk, harga, tempat, promosi) terhadap kepuasan pengunjung pada Kampung Budaya Sindangbarang. Tujuan dari penelitian ini adalah unutk menguji pengaruh bauran pemasaran dengan kepuasan pengunjung Kampung Budaya Sindangbarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengunjung yang mengunjungi Kampung Budaya Sindangbarang

            Desain penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah para pengunjung yang datang ke Kampung Budaya Sindang Barang Bogor sebanyak 100 pengunjung, dipilih berdasarkan teknik pengambilan sampel Non-Probability Sampling dengan teknik Convenience Sampling. Pengumpulan data dalam bentuk kuesioner. Kuesioner likert skala yang digunakan untuk melihat pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pengunjung. Sementara data yang dibutuhkan terdiri dari dua variable: Bauran Pemasaran sebagai variable independen dan Kepuasan Pengunjung sebagai variable dependen. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah terdiri dari analisis regresi linier sederhana dengan SPSS 22.0 dan program computer Microsoft Excel dengan 100 responden

            Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variable Bauran Pemasaran memiliki pengaruh terhadap Kepuasan Pengunjung. Yang dibuktikan dengan skor tingkat Probabilitas Signifikasi adalah Sig. = 0,000. Dari hasil yang dapat dilihat bahwa signifikasi lebih kecil dari 0,05 (Sig. < 0,05) sedangkan hasil Koefisien pengaruh variable X terhadap variable Y = 0,843, yang berarti hasilnya adalah menunjukkan bahwa Bauran Pemasaran berpengaruh terhadap Kepuasan Pengunjung pada Kampung Budaya Sidang Barang Bogor.

Downloads

Published

2021-01-06