PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI COFFEE TOFFEE POST SHOP BOGOR
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Coffee ShopAbstract
Dalam memerangi persaingan di dunia industri, kualitas pelayanan merupakan unsur penentu di dalam perusahaan untuk mempertahankan konsumen agar dapat bertahan di dalam persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis di sektor kuliner. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen melalui metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan pendekatan probability sampling menggunakan teknik simple random sampling. Kuesioner diberikan kepada siapapun yang berkunjung ke Coffee Toffee Post Shop Bogor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen berdasarkan nilai t hitung sebesar 3,447 atau lebih besar dari nilai t tabel 1,660 yang didapatkan dari df = n – 2 (100 – 2=98) dengan probabilitas sebesar 5%. Nilai probabilitas signifikansi adalah sebesar 0,001 atau lebih kecil dari 0,05, maka hipotesis diterima. Pada penelitian ini pengaruh kualitas pelayanan terbilang kuat dilihat dari nilai koefisien korelasinya sebesar 0,827 dan kontribusi pengaruh kualitas pelayanan sebesar 77,1% dan sisanya 22,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti oleh penulis.